Beranda Keutamaan 7 Keutamaan Dan Keistimewaan Shalat Duha

7 Keutamaan Dan Keistimewaan Shalat Duha

66
0
7 Keutamaan Shalat Duha

7 Keutamaan dan keistimewaan shalat duha terutama masalah rezeki. Seseorang yang rajin shalat duha, rezekinya dimudahkan oleh Allah SWT

Mayoritas umat muslim melaksanakan shalat duha dikarenakan punya keinginan atau rezekinya ingin dimudahkan oleh Allah SWT.

Pada dasarnya, shalat duha merupakan salah satu shalat sunah yang dilaksanakan pada pagi hari, lebih tepatnya di waktu duha. Waktu ini adalah ketika matahari mulai naik dari peraduannya kurang lebih setinggi 7 hasta sampai menjelang waktu dzuhur.

Dalam sebuah riwayat diterangkan sabda Rasulullah SAW: “Shalatnya orang yang banyak bertaubat adalah ketika berdirinya anak gamal karena teriknya matahari”. (HR Mukmi)

7 keutamaan shalat duha sebagai berikut:

1.Pahalanya seperti bersedekah

Yang dimaksud sedekah adalah, sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SWT sebagai berikut:

“Setiap pagi wajib bagi setiap anak Adam untuk bersedekah atas setiap persendian yang ada di tubuhnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap ajakan kepada kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan cukup untuk semua sedekah-sedekah tersebut yaitu dua rakaat yang dilakukan ketika shalat duha.” (HR. Muslim)

2. Dicukupi kebutuhannya

Dengan rajin melaksanakan shalat duha, niscaya rezeki akan mengalir dengan mudah. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits Qudsi yang diriwayatkan dari Abu Darda’ bahwa, “Allah berfirman, Wahai Anak Adam, shalatlah untuk-Ku empat rakaat di awal siang hari (duha), maka akan Aku cukupkan bagimu sampai akhir siangnya.”(HR Tirmidzi)

3. Meraih ghanimah atau keuntungan yang lebih cepat

Dengan mengerjakan shalat duha secara tekun, ia akan memperoleh keuntungan atau ghanimah dengan lebih cepat atas izin Allah SWT dan ini adalah motivasi dalam mengerjakan amal ibadah serta usaha untuk bertawakkal kepada Allah SWT. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!” Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).Lalu Rasulullah saw bersabda; “Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimahnya dan cepat kembalinya?”Mereka menjawab: “Ya!”Rasul berkata lagi: “Barangsiapa yang berwudhu, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Duha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.”

4. Diberi pahala sebuah rumah di surga

Allah menjanjikan ganjaran atau pahala berupa sebuah rumah indah yang terbuat dari emas di surga. Ganjaran atau pahala ini diberikan bagi hamba-hambanya yang bersedia meluangkan waktu secara rutin mengerjakan shalat duha sebanyak 12 rakaat pada awal hari. Hal ini menurut Anas Bin Malik, yang mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa saja yang shalat Duha 12 rakaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga.”(HR. Ibnu Majah)

5. Mendapatkan pahala haji dan umrah

Bagi orang-orang yang melaksanakan shalat duha dengan rajin dan tekun, mereka akan mendapatkan pahala yang sama seperti pahala apabila mereka berhaji atau umrah. Dari Anas RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (subuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat (berdzikir) kepada Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Duha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.

6. Penghapus dosa

Shalat duha akan membantu menggugurkan dosa-dosanya orang yang rajin dan rutin melakukannya. Tidak peduli meskipun dosa orang tersebut sebanyak buih-buih di lautan. sebagaimana yang diceritakan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Duha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih di lautan.”(HR. Tirmidzi)

7. Dibuatkan pintu khusus di surga

Keutamaan lain bagi orang yang rajin shalat duha adalah, Allah menjanjikan sebuah pintu khusus di surga yang dinamakan pintu duha. Hal ini semakin memperjelas bahwa orang yang rutin shalat duha memiliki kedudukan yang tinggi di mata Allah SWT. Sampai-sampai, Allah SWT membuatkannya pintu tersendiri untuk memasuki surga-Nya tanpa memandang apakah orang tersebut muslim sedari lahir ataukah mualaf.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya di surga ada salah satu pintu yang dinamakan pintu Duha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memanggil; mana ia yang melazimkan shalat Duha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah.”(HR.Thabrani)

tingginya kedudukan orang yang rajin shalat duha

Allah akan memberikan kedudukan istimewa bagi orang-orang yang melaksanakan duha berdasarkan dengan jumlah rakaatnya sebagaimana berikut:

  • Mengerjakan shalat duha 2 rakaat tercatat sebagai orang yang tidak lalai
  • Mengerjakan shalat duha 4 rakaat tercatat sebagai orang yang muhsinin (berbuat baik)
  • Mengerjakan shalat duha 6 rakaat tercatat sebagai orang yang taat
  • Mengerjakan shalat duha 8 rakaat tercatat sebagai hamba yang juara/sukses
  • Mengerjakan shalat duha 12 rakaat akan dibuatkan untuknya sebuah rumah indah di surga

Sebagaimana Hadits yang diriwayatkan dari Abi Dzar RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Bila engkau melaksanakan dua rakaat shalat Dhuha maka engkau tidak dicatat sebagai hamba yang lalai, atau empat rakaat maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang muhsinin (berbuat baik), atau enam rakaat engkau akan dicatat sebagai hamba uang taat, atau delapan maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang juara (Sukses), atau sepuluh maka pada hari ini dosamu tidak dicatat, atau dua belas rakaat maka Allah akan membangunkan rumah di surga.”

Wallahu A’lamu bissowab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here