Beranda Keutamaan 9 Karunia Dan 10 Keuntungan Shalat

9 Karunia Dan 10 Keuntungan Shalat

139
2
9 Karunia Dan 10 Keuntungan Shalat

Aminsaja.com9 Karunia Dan 10 Keuntungan Shalat akan dapat kita raih jika kita dapat menjaga kekhusyukan Shalat kita.

Shalat adalah rukun Islam ke dua yang wajib dilaksanakan oleh orang Islam di mana pun dan kapan pun. Barang siapa yang mengerjakan Shalat berarti menegakkan tiang agama dan barang siapa yang meninggalkannya berarti menghancurkan agama.

Meskipun Shalat merupakan kewajiban, tetapi jika dijalankan dengan benar maka akan mendatangkan kebaikan, karunia dan keuntungan bagi yang menjalankannya, apalagi jika dilakukan dengan Shalat berjamaah.

Ada 9 karunia bagi yang menjaga kekhusyukan shalatnya dan 10 keuntungan bagi yang menjalankan Shalat sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang akan kami jelaskan di bawah.

9 Karunia bagi yang menjaga kekhusyukan Shalat

Menjaga kekhusyukan Shalat memang tidak mudah karena manusia sering kali terbuai dengan urusan dunia yang senantiasa mempengaruhi hati dan pikirannya, untuk bisa khusyuk dalam Shalat maka harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Menata hati dan pikiran dengan niat yang sungguh-sungguh akan menghadap yang maha kuasa.
  • Hadirkan Allah SWT dengan rasa takut dan tawadu sebagaimana kita sedang berhadapan dengan orang besar.
  • Jauhkan diri dari urusan dunia dan segala permasalahannya.
  • Fokus dan memahami makna yang dibaca
  • Usahakan dalam suasana hening
  • Tempat yang bersih dan nyaman
  • Arahkan pandangan ke tempat sujud
  • Latihan terus menerus

Apabila kekhusyukan Shalat sudah dapat kita lakukan meskipun belum sempurna, maka harapannya kita akan mendapat karunia dari Allah SWT.

Hafidz Ibnu Hajar ra, dalam kitab Munabihat menulis bahwa Utsman ra, berkata “Allah SWT akan memberikan 9 karunia kepada siapa saja yang menjaga kekhusyukan Shalatnya pada waktu yang tepat yaitu:

  1. Allah SWT akan mencintainya
  2. Merasakan nikmatnya kesehatan
  3. Para Malaikat akan menjaganya
  4. Rumahnya diberkahi
  5. Nur kesalehan akan bersinar dari wajahnya
  6. Hatinya menjadi lembut
  7. Akan melewati Shirat secepat kilat
  8. Diselamatkan dari neraka
  9. Tetangganya di surga adalah yang difirman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah:38

لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

“Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.”

10 Keuntungan Shalat

Rasulullah SAW bersabda “Shalat adalah Tiang agama dan mempunyai 10 keuntungan yakni:

  1. Daya Tarik pada wajah
  2. Nur atau cahaya pada hati
  3. Menyehatkan badan
  4. Teman dalam kubur
  5. Kunci ke surga
  6. Penyebab turunnya Rahmat Allah SWT
  7. Pemberat bagi timbangan amalan baik
  8. Jalan mendapatkan keridhaan Allah SWT
  9. Harganya surga
  10. Pelindung dari api neraka

Disebutkan dalam Hadits bahwa rumah yang di dalamnya diisi dengan Shalat akan bersinar. Maka sinarilah rumahmu dengan Shalat (Jami’us-Saghir). Terdapat Hadits lain yang berbunyi “Shalat adalah obat bagi penyakit”. sebagaimana dalam Tafsir Ibnu Katsir bahwa Rasulullah SAW pernah melihat Abu Hurairah ra, menekan perutnya. Rasulullah SAW bertanya kepadanya, “Kenapa perutmu sakit?” Abu Hurairah menjawab, “Ya Rasulullah”,. Rasulullah SAW bersabda: “Bangun dan Shalatlah, karena Shalat adalah obat”

Kategori dan hukuman orang yang meninggalkan Shalat

Dalam kitab Ghaliyatul-Mawa’idz, Sahabat Safiri Rah A, berkata:

  1. Meninggalkan Shalat Subuh, masuk ke dalam golongan orang-orang munafik, hukumannya masuk neraka selama 30 tahun, sedangkan satu hari di neraka sama dengan 60.000 tahun.
  2. Meninggalkan Shalat zuhur, masuk ke dalam golongan orang-orang yang merugi, dosanya seperti membunuh 1.000 orang muslim
  3. Meninggalkan Shalat Ashar masuk ke dalam golongan orang-orang yang bermaksiat, dosanya seperti orang yang menghancurkan ka’bah
  4. Meninggalkan Shalat Magrib masuk ke dalam golongan orang-orang kafir, dosanya seperti melakukan zina dengan orang tuanya sendiri
  5. Meninggalkan Shalat Isya masuk ke dalam golongan orang-orang yang melalaikan Allah SWT, dosanya Allah SWT tidak ridho tinggal di bumi Allah dan menggunakan segala nikmat Allah, maka semua yang digunakan dan dikerjakan menjadi dosa.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah SAW bersabda:

بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلاَةِ

Artinya: “(Pembatas) antara seorang muslim dan kesirikan serta kekafiran adalah meninggalkan Shalat.” (HR. Muslim no. 257)

Alamah Sya’rani Rah.A, menyatakan “Musibah akan dihindarkan dari tempat yang penduduknya menjaga Shalatnya, sebaliknya musibah akan terus menimpa suatu tempat yang penduduknya melalaikan Shalatnya, dengan gempa bumi, halilintar, banjir dan lainya”. Apabila bencana bencana akan menimpa suatu tempat, maka menimpa seluruh penduduknya. sebagaimana Hadits Nabi SAW ketika beliau ditanya “Apakah mereka akan ditimpa azab walaupun ditengah-tengah mereka terdapat orang-orang Shalihin? Rasulullah SAW menjawab “ya, Jika kemungkaran sudah merajalela”.

Wallohu A’lam bissowaab

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here