Beranda Doa-Doa Praktis 9 Rahasia Keutamaan Sholawat Al-Fatih

9 Rahasia Keutamaan Sholawat Al-Fatih

226
0
Sholawat Al-Fatih beserta Keutamaannya

Diantara ribuan sholawat ada salah satu sholawat yang jadi pilihan umat muslim untuk diwiridkan yaitu sholawat a-fatih. Pada kesempatan ini akan kami sampaikan 9 rahasia keutamaan sholawat Al-Fatih.

Sholawat Al-Fatih mengandung permohonan dan doa untuk Nabi Saw beserta keluarganya agar senantiasa mendapatkan limpahan berkah dari Allah SWT.

Semua sholawat mengandung keutamaan masing-masing, sehingga umat muslim dapat mengamalkan sholawat mana saja sesuai dengan nilai fadhilahnya.

Sholawat al-fatih tidak terlalu panjang redaksinya, sehingga mudah untuk dijadikan amalan sehari-hari.

Sejarah Sholawat Al-Fatih

Sholawat ini dibuat oleh Al-‘Arif al-Kabir Sayyid Muhammad al-Bakri dan mengandung makna “pembuka pintu (arsy)”. Nama lengkapnya ialah Sayyid Muhammad al-Bakri, sang pencipta Shalawat Al-Fatih. Beliau merupakan salah seorang keturunan Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq, sahabat sekaligus mertua Nabi Muhammad SAW.

Sayyid Bakri merupakan keturunan Abu Bakar yang tidak terlepas dari doa Rasulullah SAW  untuk Abu Bakar ketika dia menemani Rasulullah SAW dengan sepenuh hati di gua tsur ketika dikejar-kejar kaum kafir quraisy.

Dalam buku “Al-Maushu’ah al-Muyassarah fi al-Adyan wa al-Madzahib al- Mu’ashirah” dijelaskan bahwa asal muasal sholawat Fatih berasal dari Syekh Ahmad At-Tijani.

Syekh Ahmad At-Tijani ra. berkata: ”Keistimewaan Shalawat Al-Fatih sangat sulit diterima oleh akal, karena ia merupakan rahasia Allah SWT yang tersembunyi. Seandainya ada 100.000 bangsa yang setiap bangsa itu terdiri dari 100.000 kaum, dan setiap kaum terdiri dari 100.000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah SWT sampai 100.000 tahun, dan setiap orang bersholawat kepada nabi setiap hari 100.000 x, semua pahala itu belum dapat menandingi pahala membaca Shalawat Al-Fatih 1x. 

Waktu membaca Sholawat Al-Fatih

Sholawat Al-Fatih bisa dibaca atau dilafadzkan pada berbagai kesempatan mulai dari sehabis pembacaan khutbah, dzikir, wirid, setelah tahlilan, sesudah membaca Al-Qur’an atau pada saat mengaji, serta ketika memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Bacaan shalawat Al-Fatih

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍنِ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْ رِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ”

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada pula yang baca shiratikal mustaqim). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala alihi  wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘adzhim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah limpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

Keutamaan sholawat Al-Fatih

1. Terhindar dari Perasaan Resah

Keutamaan pertama adalah membantu menghilangkan perasaan resah di dalam dada. Di saat merasa sedih serta banyak beban yang menimpa. Beberapa ulama menyarankan untuk membaca Sholawat Al-Fatih, dengan rutin membacanya, maka ketenangan hati akan kita peroleh.

2. Dijauhkan dari malapetaka

Menurut beberapa ulama, seseorang yang membaca sholawat Al Fatih sebanyak 20 kali setiap selesai shalat fardhu maka hidupnya akan dijauhkan dari keburukan duniawi.

3. Bertemu dengan Nabi SAW di Dalam Mimpi

Jika kita ingin bertemu dengan Baginda Nabi SAW di dalam mimpi, maka dapat membaca sholawat Al-Fatih. Bacalah sholawat ini pada Kamis malam atau Minggu malam sebanyak 1000 kali. Insya Allah kita akan didatangi oleh Nabi SAW di dalam mimpi.

5. Menyamai pahala segala dzikir

Keutamaan membaca sholawat Al-Fatih yaitu apabila seorang muslim membaca sekali saja, maka ia akan memperoleh pahala seperti orang yang membaca keseluruhan jenis dzikir.

6. Mempermudah Datangnya Hidayah

Keutamaan sholawat Al-Fatih yang lain adalah mempermudah datangnya hidayah. Menurut beberapa ulama, seseorang yang membaca Sholawat Fatih selama 40 hari berturut-turut hatinya akan tergerak untuk segera bertobat dari segala kemaksiatan.

7. Melepasan semua kesulitan dunia.

Keutamaan sholawat fatih ialah melepasan semua kesulitan misalnya agar segera membayar hutang, urusan yang sukar segera dapat ada solusinya, agar rezeki lancar dan lain sebgainya.

8. Dapat menetapkan iman

Menurut beberapa ulama, seorang muslim yang membaca sholawat Al-Fatih secara rutin maka imannya akan dikuatkan dan menetap hingga akhir ajalnya. Dan seorang muslim meninggal dalam kondisi husnul khotimah.

9. Tidak merasakan sakit sakaratul maut dan diselamatkan dari pertanyaan mungkar nakir

Keutamaan sholawat Al-Fatih tidak akan ditanyai malaikat Munkar Nakir, dan tidak akan merasakan pedihnya sakaratul maut, gelapnya alam kubur.

Wallohul A’lam Bisowab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here