Beranda Aminsaja News BAZNAS Banyumas Lantik Puluhan Relawan BTB

BAZNAS Banyumas Lantik Puluhan Relawan BTB

206
0
BAZNAS Banyumas Lantik Puluhan Relawan BTB

AminsajaNewsBAZNAS Banyumas Lantik Puluhan Relawan BTB, Sebanyak 40 relawan BAZNAS mengikuti pelatihan manajemen tingkat dasar BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) yang adakan selama tiga hari di Hotel Surya Baturaden.

Kegiatan tersebut berlangsung dari hari Selasa – Kamis tanggal 14-17 Februari 2022 kemarin, Selain dari Relawan BAZNAS Banyumas, pelatihan yang baru pertama ada di BAZNAS Karesidenan Banyumas juga diikuti oleh beberapa peserta utusan BAZNAS Cilacap, Banjarnegara dan Purworejo.

Menurut ketua panitia “Pelatihan ini bertujuan untut terbentuknya relawan tangguh dalam penanganan dan miitigasi bencana serta siaga menjaga ketangguhan wilayah” demikian ungkap Achmad Farizi Aziz selaku ketua panitia.

Peserta pelatihan mendapatkan berbagai materi dasar tentang kebencanaan dari berbagai instruktur dan nara sumber, selain mendapatkan materi secara teori peserta juga dibekali dengan ketrampilan khusus berupa simulasi bencana, mulai dari kaji cepat, sitrep, rencana aksi sampai pembuatan dokumentasi pelaporan secara sistematis.

Di antara narasumber yang dihadirkan oleh panitia adalah dari PMI, BPBD Kabupaten Banyumas dan BAZARNAS Cilacap, sedangkan Instruktur berasal dari BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) BAZNAS RI.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Banyumas yang diwakili oleh Drs. Purwadi Santoso dari Asisten Pemerintahan dan ditutup sekaligus dilantik oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Banyumas.

Dalam upacara penutupan, Ketua BAZNAS Drs Umar AR didampingi oleh Wakil ketua 1 (Drs Abdul Munir), Wakil Ketua 2 (Ridwan, S.Pdi), Wakil ketua III (Drs.M.Sugito) dan Wakil ketua IV (Hj.Khasanatul Mufidah,SH).

Selanjutnya dalam sambutan penutupan Ketua BAZNAS Banyumas berharap seluruh relawan yang sudah dilantik siap diterjunkan di berbagai medan bencana daerah masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here