Beranda Doa-Doa Praktis 4 Doa Agar Tidur Nyenyak & Imsonia

4 Doa Agar Tidur Nyenyak & Imsonia

131
0

Doa Agar Tidur Nyenyak dapat dibaca oleh orang yang mengalami insomnia. Insomnia merupakan kondisi di mana seseorang merasa sangat sulit untuk tidur, sulit untuk tidur nyenyak atau keduanya.

Kondisi ini bahkan bisa terus berlanjut dan menjadi kronis sehingga membuat seseorang sama sekali tidak bisa tidur, bahkan pada saat ia ingin tidur.

Jika mengalami gangguan tidur seperti ini maka biasanya ia bangun tidur dalam keadaan pusing atau lelah. Akibatnya badan merasa kurang segar dan aktivitas di esok harinya akan terganggu.

Padahal, mendapat kualitas tidur yang baik merupakan salah satu jalan membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengetahui cara mencegah insomnia itu sendiri.

Tanda-Tanda Susah Tidur Atau Imsonia

Beberapa tanda Insomnia yang kerap terjadi :

  1. seperti sulit tidur walaupun merasa lelah
  2. Terbangun berkali-kali di malam hari
  3. Tidur tidak pulas
  4. Bangun terlalu cepat
  5. Mengantuk di siang hari
  6. Merasa lemas dan lelah serta susah konsentrasi

Cara Mengatasi Susah Tidur atau Imsonia

Ada beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan untuk memperbaiki kondisi susah tidur dan meningkatkan kualitas tidur, antara lain:

1. Jika insomnia yang dialami akibat perasaan yang gelisah

JIka susah tidur disebabkan oleh gelisah maka bisa menenangkannya terlebih dahulu dengan menghirup wewangian yang membuat tubuh rileks

2. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari

Tidak sedikit orang menebus jam tidur yang terlewatkan saat hari kerja dengan tidur berlebihan di akhir pekan. Padahal, kebiasaan seperti ini dapat membuat jadwal tidur justru membuat tubuh terganggu dan justru semakin memperburuk kondisi susah tidur.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, tidak terkecuali di hari libur. Hal ini dapat membantu tubuh agar terbiasa dengan ritme tidur yang konsisten, jadi anda akan lebih mudah tidur.

Selain menjadwalkan waktu tidur, pastikan juga waktu tidur sekitar 7–9 jam setiap harinya agar dapat memulai aktivitas dengan cukup energi di pagi hari.

3. Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Agar dapat tidur lebih cepat, buatlah suasana kamar tidur menjadi senyaman mungkin. Matikan lampu atau batasi penerangan dengan lampu tidur saja dan atur suhu kamar agar tetap sejuk.

Sebisa mungkin jauhkan pula semua alat elektronik atau gadget sebelum tidur, sebab sinar dari alat elektronik dapat menyebabkan terganggunya produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu anda tertidur

Selain itu, anda juga dapat menciptakan suasana tidur yang lebih nyaman dengan menggunakan minyak esensial atau aromaterapi dari lavender untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

4. Batasi waktu tidur siang

Sebagian orang mungkin merasa bahwa tidur di siang hari dapat menyegarkan tubuh mereka saat lelah beraktivitas. Namun, di sisi lain, tidur siang juga dapat membuat seseorang menjadi lebih susah tidur di malam hari.

5. Membaca doa

Jika susah tidur dan sangat dianjurkan oleh agama adalah dengan membaca doa, ada beberapa doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk kamu baca saat kesulitan untuk memejamkan mata

Doa Susah Tidur dan Insomnia

Berikut doa susah tidur dan insomnia menurut anjuran Rasulullah SAW yang telah dirangkum. Salah satu doa yang diamalkan oleh Zaid bin Tsabit ketika mengalami sulit tidur tertulis dalam kitab Ibnu Sunni yang dikutip oleh Imam Nawawi dengan kalimat.

“Lalu saya membacanya, kemudian Allah SWT menghilangkan apa yang saya alami”

“Allahumma gharatin nujum wa dahaatil ‘uyun, wa anta hayyun qayyum, la takkhuzuka sinatun wala naumun. Ya hayyu ya qayyum, ahdi’ laili wa anim’aini”.

Artinya:
Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau maha hidup lagi maha terus-menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat yang maha hidup dan maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.

Sahabat Rasulullah SAW lainnya yang mengalami insomnia atau susah tidur yakni Khalid bin Walid. Diriwayatkan oleh Muhammad bin Yahya bin Haban, Khalid mengadukan masalahnya pada Rasulullah SAW yang kemudian menganjurkannya membaca :

“A’uudzu bikalimaatillahit tammaati min ghodlobihi wa min syarri ‘ibaaadihi wa min hamazaatisy syayaatiina wa ayyahdluruun”.

Artinya:
Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan syetan dan kehadirannya.”

Doa Susah Tidur Lainnya

Selain membaca doa yang dibaca oleh para sahabat nabi Muhammada SAW seperti diatas, ada beberapa doa lain yang bisa anda baca sebagai berikut :

1. Baca Basmalah 21 kali

Keutamaan Basmalah diceritakan oleh imam Atho’ dari Imam Jabir bin Abdillah beliau berkata: “Ketika Allah SWT menurunkan “Bismillaahirrahmaanirrohiim” awan berlarian kearah timur, anginpun bertiup, lautan bergolak, hewan menegakkan telingannya, syaitan dilemparkan dari langit dan Allah azza wajalla bersumpah “tidak akan disebutkan nama-Nya atas orang sakit kecuali dia akan disembuhkan, tidak akan disebutkan nama-Nya pada sesuatu kecuali diberkahi dan siapapun yang membaca Bismillaahirrahmaanirrohiim” akan masuk surga, sebagaimana yang disebutkan oleh syekh Abdul Qodir Jailany(Kitab Tan Qihul Qoulil HaTsits Hal.10)

2. Baca Ayat Kursi 1 kali,

Keutamaan ayat kursi disebutkan dalam hadits sebagai berikut : “barangsiapa yang membaca Ayat kursi setiap selesai shalat lima waktu, Maka tidak dapat mencegahnya untuk masuk kedalam surga kecuali kematian” (HR. An Nasai)

Lalu baca doa dibawah ini :

Allahumma gharaathinnujuum wahadhatil’uyuub wa anta hayyun  qoyyum la ta’ hudzuhu sinatun walaa nauum ya hayyu ya qoyyuum ahdhi’ lailii wa’anim ‘ainii

Artinya :

“Ya Tuhanku bintang-bintang telah tenggelam dan banyak bola mata menjadi tenang sementara kau adalah dzat maha hidup dan dzat maha tegak. ngantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. wahai dzat maha hidup dan dzat maha tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba”

Doa agar tidur nyenyak diatas bisa dipraktekan dan mudah untuk di hafal sama seperti doa harian yang sudah saya sharing di artikel sebelumnya. Insaallah dengan membaca doa agar tidak nyenyak tersebut, bisa membantu agar tidur nyenyak dan tidak mengalami imsonia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here