Beranda Keutamaan Gambaran Peristiwa Dalam Isra Mi’raj Yang Wajib Kamu Tahu

Gambaran Peristiwa Dalam Isra Mi’raj Yang Wajib Kamu Tahu

432
1
Gambaran Peristiwa Dalam Isra Mi'raj Yang Wajib Kamu Tahu

Aminsaja.ComGambaran Peristiwa Dalam Isra Mi’raj Yang Wajib Kamu Tahu, Dalam Isra Mi’raj Rasulullah SAW ditemani malaikat Jibril yang terlihat dalam bentuk aslinya.

Berbagai peristiwa dilihat oleh Nabi Muhammad SAW yang belum pernah dilihat sebelumnya. Dan semua gambaran yang diperlihatkan kepada Rasulullah SAW ditanyakan dan dijelaskan oleh malaikat Jibril.

Gambaran-gambaran yang dilihat oleh Rasulullah SAW adalah tanda-tanda kekuasaan Allah SWT yang sangat penting dan wajib kita ketahui, agar dapat dijadikan pelajaran menuju keselamatan didunia dan akhirat. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

وَلَقَدْ رَآهُ نزلَةً أُخْرَى (13) عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى (14) عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى (15) إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى (16) مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى (17) لَقَدْ رَأَى مِنْ آيَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى (18)

Artinya: “Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal, (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. Penglihatannya (muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.” (QS. An-Najm: 13-18)

Gambaran Peristiwa yang Dilihat dan Dialami Nabi Muhammad SAW dalam Isra Mi’raj

1. Gambaran keindahan dunia yang memabukan

Nabi Muhammad SAW diperlihatkan seorang wanita tua yang memakai banyak perhiasan emas, lalu wanita tersebut meminta Rasulullah SAW untuk menoleh dan melihatnya, tetapi Rasulullah SAW tidak menoleh. Kemudian Rasulullah SAW bertanya kepada Malaikat Jibril, ”Siapa dia?” Malaikat Jibril menjawab: ”Itu adalah gambaran dunia, andaikan kamu menjawabnya, maka umatmu akan memilih dunia daripada akhirat”

Anjuran: Jauhi cinta dunia (Hubbuddunya), karena cinta dunia akan membuat lupa akhirat kita.

2. Gambaran Orang Yang rela berkorban jiwa raga untuk agama

Rasulullah mencium bau yang sangat wangi dan harum dari sebuah makam. setelah hal ini ditanyakan kepada malaikat Jibril, ternyata sumber bau itu berasal dari makam Masyithah, tukang sisir anak Raja ­Fir’aun. Dia adalah seorang pe­rem­puan yang sangat teguh pen­dirian untuk beriman dan tidak gen­tar terhadap ancaman, walaupun ak­hirnya ia berkorban jiwa dan raga.

Anjuran: Berjihadlah untuk Agama dengan segenap kemampuan yang kita bisa, Kalau perlu Jiwa dan raga.

3. Gambaran Kebaikan dan kejahatan yang akan selalu ada di dunia

Terlihat oleh Rasulullah SAW seorang laki-laki yang gagah perkasa. Ketika laki-laki itu me­nengok ke kiri dia terlihat sedih dan ketika menengok ke kanan dia terlihat bahagia. Menurut Malaikat Jibril, orang itu adalah nabi Adam AS, bapak dari seluruh manusia di bumi. Nabi Adam AS merasa sedih karena Ketika beliau menoleh ke sebelah kiri dia melihat anak cucunya di dunia berbuat kejahatan.  Sebaliknya, ketika beliau menoleh ke sebelah kanan beliau merasa bahagia karena melihat anak cucunya di dunia sedang melakukan perbuatan baik dan beramal saleh

Anjuran: Dunia adalah Pilihan, Maka pilihlah yang baik karena semua pilihan akan ada balasannya

4. Gambaran Kemuliaan Orang Yang mau Berjuang di Jalan Allah

Nabi SAW diperlihatkan suatu kaum yang bercocok tanam dan panen dalam waktu sehari. Setiap kali mereka me­nuainya, maka tanaman mereka kembali seperti sediakala. Lalu Nabi Muhammad SAW bertanya: “Hai Jibril, siapakah orang ini?” Malaikat Jibril menjawab: Mereka adalah orang-orang yang berjihad di jalan Allah SWT. Setiap Amal saleh atau kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya menjadi tujuh ratus kali lipat, dan segala sesuatu yang mereka sedekahkan dan belanjakan di jalan Allah SWT, maka akan diganti. Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki.

Anjuran: Berjuanglah di jalan Allah SWT dengan sungguh-sungguh, karena Allah akan membalas semua kebaikan dengan berlipat ganda

5. Gambaran orang yang malas melaksanakan Shalat

Nabi SAW melihat suatu kaum yang kepala mereka dihancurkan sampai pecah, setelah itu kembali lagi kemudian pecah lagi. Nabi SAW bertanya kepada Malaikat Jibril: “Siapakah mereka wahai Jibril?” Jibril menjawab, “Mereka adalah orang yang kepalanya berat untuk melaksanakan Shalat Fardhu.”

Anjuran: Lakukan kewajiban Shalat di mana pun dan kapan pun

6. Gambaran Agar cepat-cepat menjauh dari godaan iblis

Nabi SAW mengalami ada seorang laki-laki tua yang memanggil-manggil nabi Muhammad SAW di tengah jalan, tapi malaikat menyampaikan kepada Nabi SAW agar cepat-cepat menjauh, karena dia adalah iblis yang ingin berbicara dengan Rasulullah SAW.

Anjuran: Jika Menyadari perbuatan yang keliru cepat sadari bertobat dan jauhi

7. Gambaran dunia yang sudah tua

Rasulullah SAW juga menemukan seorang perempuan tua dipinggir jalan, perempuan tersebut berkata, “lihatlah saya, saya ingin bertanya”, tapi Rasulullah SAW tidak menoleh, kemudian Nabi SAW bertanya kepada Jibril, “Siapa dia wahai Jibril?” malaikat Jibril menjawab “ini adalah gambaran usia dunia yang sudah tua”.

Anjuran: Dunia sementara dan sudah tua, maka ingatlah kematian dan persiapkan dengan amal

8. Gambaran orang yang tidak mau berzakat

Nabi SAW menemui suatu kaum yang pada qubul dan dubur mereka ada riqa’ (tambalan yang menutupi qubul dan dubur mereka), kaum tersebut memakan rumput seperti unta dan domba, mereka juga memakan pohon Dhori’ dan Zaqqum. Dhori’ adalah sebuah pohon yang berduri dan busuk hingga binatang pun tidak sanggup memakannya. Adapun Zaqqum adalah tanaman yang sangat pahit dan tidak enak rasanya. Mereka juga memakan batu panas dari neraka Jahanam. Kemudian Nabi SAW bertanya kepada malaikat Jibril, “Siapakah mereka wahai Jibril?” Jibril menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang tidak mau membayar zakat dan Allah tidak mendzolimi mereka sedikit pun“.

Anjuran: Tunaikan Zakat, karena itu hak Allah SWT

9. Gambaran orang yang suka berzina padahal sudah punya pasangan

Nabi SAW bertemu dengan suatu kaum yang di depannya tersedia daging masak, Tetapi mereka memakan daging mentah yang buruk di tempat lain. dan membiarkan daging masak yang baik. Nabi SAW bertanya, “Hai Jibril, siapakah mereka itu?”  Malaikat Jibril menjawab: “Lelaki ini adalah seorang dari kalangan umatmu yang mempu­nyai seorang istri yang halal lagi baik, tetapi ia mendatangi wanita lain yang buruk lalu ia tidur bersamanya hingga pagi hari. Dan (dia adalah) seorang wanita yang mempunyai suami yang halal lagi baik tetapi ia mendatangi lelaki lain yang buruk lalu tidur bersamanya hingga pagi hari”

Anjuran : Bersyukurlah dengan pasanganmu dan jauhkan diri dari maksiat apalagi zina

10. Gambaran Orang yang makan Riba

Kemudian Nabi melihat seorang yang berenang dalam sungai yang penuh darah, sambil memakan batu, Nabi SAW bertanya: “Siapakah itu Jibril?” Jibril menjawab, ”Mereka adalah orang yang memakan riba”.

Anjuran: Hindari semua yang mengandung riba

11. Gambaran orang yang ambisi menjadi pemimpin padahal tidak mampu

Nabi SAW melihat seorang lelaki yang me­ngumpulkan seikat kayu terus menerus padahal dia tidak mampu mengangkat dan membawanya tapi terus mengumpulkan, Nabi SAW bertanya, “Hai Jibril, apakah ini?”  Malaikat Jibril menjawab: “Dia adalah seorang lelaki dari kalangan umatmu yang diberi amanat tapi tidak mampu ditunaikannya tetapi dia ambisi menerima / memegang amanah tersebut”.

Anjuran: Pandai-pandailah mengukur diri, jangan ambisi menjadi pemimpin dan mengemban amanah jika ternyata tidak punya kemampuan menjalankannya.

12. Gambaran penceramah yang menebar fitnah

Nabi SAW menjumpai kaum yang lidah dan mulut mereka dipotong dengan gunting besi, setelah dipotong lidahnya kembali lagi. dan begitu seterusnya. Nabi bertanya, “Siapakah itu wahai Jibril?” Jibril menjawab, “Mereka itu adalah para penceramah yang suka memfitnah atau memprovokasi dan mengajarkan apa yang tidak mereka kerjakan.”

Anjuran: Hati-hati dengan ucapan dan apalagi menjadi panutan.

13. Gambaran Orang yang omong besar atau Sombong

Nabi SAW melihat suatu tempat yang ada batu kecilnya, dari batu tersebut keluar seekor sapi jantan yang besar. Lalu sapi tersebut bermak­sud kembali masuk ke tempat itu, tetapi ia tidak mampu. Nabi Saw. berta­nya, “Hai Jibril, apakah ini?” Malaikat Jibril menjawab: Ini (perumpamaan) seorang lelaki yang mengucapkan kata-kata besar, kemudian menyesalinya, tetapi ia tidak mampu mencabut kata-katanya itu”. 

Anjuran: lebih baik tawadhu meskipun mampu, jangan sombong karena akan berakhir penyesalan

14. Gambaran Pemakan Harta Anak Yatim

Nabi SAW melihat kaum yang memiliki bibir seperti bibir unta. Lalu dibukakan mulut mereka, dan bara api itu dimasukkan ke dalam mulut mereka hingga keluar dari lubang bawah mereka. mereka menjerit meminta tolong kepada Allah SWT.  Lalu Nabi SAW bertanya, “Hai Jibril, siapakah orang-orang itu?” Jibril menjawab: “mereka adalah sebagian orang dari kalangan umatmu yang memakan harta anak yatim secara aniaya, sebagaimana QS An Nisa: 10”

Anjuran: Jangan memakan harta anak yatim apalagi dengan cara tercela.

15. Gambaran Orang yang suka menggunjing dan mengumpat

Rasulullah SAW bersua dengan suatu kaum yang memiliki kuku dari tembaga, mereka mencakari muka dan dada mereka dengan kuku tembaga itu. Maka saya bertanya, “Hai Jibril, siapakah mereka itu?” Jibril menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang suka memakan daging manusia (mengumpat orang lain) dan mempergunjingkan kehormatan mereka.”

Anjuran: Jangan suka menggunjing orang lain, karena setiap manusia mempunyai aib yang sama. hanya Allah masih menutupinya

16. Gambaran orang yang suka mencela

Nabi SAW melihat kaum yang daging lambung mereka dipotong, lalu mereka mema­kannya, seraya dikatakan, “Makanlah olehmu daging ini sebagaimana kamu pernah memakan daging saudaramu!” Saya bertanya, “Hai Jibril, siapakah mereka itu?” Jibril menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang suka mengumpat dan mencela dari kalangan umatmu.” 

Anjuran: Mencela adalah perbuatan tercela, hindari dengan banyak muhasabah diri

17. Gambaran Orang yang Suka Duduk di Pinggir Jalan

Rasulullah SAW ketemu sebuah kayu di tengah jalan. tidak ada seorang pun yang bisa lewat melainkan bajunya pasti ro­bek, dan pasti tertusuk. Nabi SAW bertanya, “Hai Jibril, apakah ini?” Malaikat Jibril menjawab: “Ini adalah perumpamaan sejumlah orang dari kalangan umat­mu yang suka duduk di pinggir jalan, lalu mereka menghalang-halangi (manusia dari)nya (jalan Allah). Kemudian Jibril membacakan firman-Nya: Dan janganlah kalian duduk di tiap-tiap jalan dengan menakut-nakuti dan menghalang-halangi orang yang beriman. (Al-A’raf: 86), hingga akhir ayat”. 

Anjuran: Jangan pernah menghalangi kebaikan orang lain.

Demikian berbagai gambaran peristiwa yang dilihat dan dialami Rasulullah SAW pada saat Isra Mi’raj yang terjadi pada bulan Rajab.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here