Beranda Kajian Fiqih Islam Hukum Parfum Beralkohol

Hukum Parfum Beralkohol

69
0
Hukum Parfum Beralkohol

Hukum Parfum Beralkohol, menjelaskan tentang parfum yang mengandung alkohol, yang sekarang sudah menjadi kebiasaan dipakai dikalangan masyarakat.

Hampir semua parfum di zaman sekarang mengandung alkohol sehingga sulit untuk dihindari. Parfum yang bercampur dengan alkohol mempunyai fungsi antara lain untuk menekan udara dalam botol minyak.

Bagaimanakah hukum parfum yang mengandung alkohol, berikut ini akan dibahas dari sudut pandangan fiqih.

Najis

Parfum hukumnya menjadi najis, jika dicampur dengan alkohol karena alkohol termasuk cairan yang memabukan, dan cairan yang memabukan duhukumi najis. (Syarh Al-Jamal ‘ala Al-Minhaj, juz 1, hal. 170)

(قوله أيضا نظرا لأصلهما) أي فما كان مائعا حال إسكاره كان نجسا، وإن جمد وما كان جامدا حال الإسكار يكون طاهرا، وإن إنماع كالحشيش المذاب وكالكشك المسكر حال جموده. شرح الجمل على المنهاج، ج ١، ص ١٧٠

Suci atau Tidak Najis

Parfum hukumnya tidak najis, sebab alkohol yang memabukan, campurannya hanya untuk menjaga kebaikan komposisi parfum, selain itu alkohol ada yang berbahan dasar barang najis tetapi ada yang berasal dari tumbuhan. sebagaimana penjelasan dibawah ini :

المبحث الثالث في تعريف الكحول الذي استفدناه من كلام من يعرف حقيقته الذي يقبله الحس مع ما رأيناه من الات صناعته وهو عنصر بخار يجد في المتخمرات المسكرات من الأشربة. فبوجوده فيها يحصل الإسكار ويو جد هذا الكحول ايضا في غير الأشربة من متخمرات نقيع الأزهر والأثمار الذي يتخذ طيبا وغيره كما يوجد من معقود الخشب بألات حديدية مخصوصة وهذا الأخير أضعف الكحول كما ان اقواه الذي يوجد في العنب. المباحث الوفية للسيد عثمان البتاوي

Pengertian alkohol sebagaimana yang kami dapatkan dari pernyataan orang yang mengetahui hakekatnya serta yang kami lihat dari peralatan industri pembuatannya adalah merupakan sesuatu unsur yang dapat menguap yang dapat pada minuman yang memabukkan. Keberadaannya akan mengakibatkan mabuk. Alkohol ini juga terdapat pada selain minuman, seperti pada rendaman air, bunga dan buah-buahan yang dibuat untuk wewangian dan lainnya, sebagaimana juga dapat pada kayu-kayuan yang diproses dengan mempergunakan peralatan khusus dari logam. Dan yang terakhir ini merupakan alkohol dengan kadar paling rendah sedangkan yang terdapat pada perasa anggur merupakan alkohol dengan kadar tinggi. (Al-mabahits Al-Wafiyyah Bab Najasah)

ومنها اي من المعفوات، المائعات النجسة التي تضاف الى الأدوية والروائح العطرية لاصلاحها فإنه يعفى عن القدر الذي به الإصلاح قياسا على الأنفخة المصلحة للجبين

bisa ditoleransi dengan kadar yang memang diperlukan untuk komposisi yang seharusnya. Karena hal itu diqiyaskan dengan usus babat yang digunakan untuk menambah kualitas mentega. Al-Fiqh ‘ala Madzahib Al-Arba’ah, juz 1, hal. 25)

Kesimpulanya memakai parfum beralkohol kembali kepada pribadi masing-masing. Lebih baik jika dalam membeli parfum anda tahu kandungan alkoholnya berasal dari bahan dasar tumbuhan atau yang tidak najis seperti nilam.

Bagi yang sukai pakai parfum tidak perlu ragu untuk malaksanakan shalat dengan parfum beralkohol.

Wallahu A’lam bisshowab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here