Beranda Keutamaan Iblis: Tempat – Musuh – Keturunan Dan Tugasnya

Iblis: Tempat – Musuh – Keturunan Dan Tugasnya

84
2
Iblis: Tempat - Musuh - Keturunan Dan Tugasnya

Aminsaja.com Iblis: Tempat – Musuh – Keturunan Dan Tugasnya, adalah artikel yang membahas bagaimana bangsa iblis yang akan selalu mengganggu manusia.

Iblis adalah julukan nenek moyang bangsa jin yang memiliki nama asli Azazil, ia makhluk pertama yang membangkang perintah Allah untuk bersujud di depan nabi Adam AS dan tokoh ini dikenal dalam ajaran agama samawi.

Tugas Iblis adalah membujuk, merayu dan menggoda iman manusia agar mengikuti jalannya sehingga bersama-sama masuk neraka.

Cara Iblis menggoda manusia dari arah depan, belakang, samping kanan, kiri, atas dan bawah, juga dengan berbagai cara mulai dari yang terang-terangan sampai dengan yang paling halus.

Tempat Iblis

Dalam hadits Shahih Muslim, dikatakan bahwa Iblis sekarang berada di tengah lautan (air) yang dikelilingi oleh beberapa ular. Dari sanalah ia mengendalikan seluruh aktivitas penyesatan terhadap umat manusia. Markas besar iblis berada di tengah-tengah samudra, mereka memilih lautan karena luasnya yang mencapai tiga perempat dari luas bumi.

Iblis membangun kerajaannya di laut dengan tujuan untuk menandingi Arasy (singgasana) Allah SWT yang berada di atas air di langit ke tujuh.

Sedangkan dalam sebuah hadits dari Anas bin Malik yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dikisahkan, Iblis dan keturunannya akan tinggal dan berkumpul di tempat-tempat sebagai berikut:

  • Toilet / WC /Kakus
  • Pasar – Pasar
  • Tempat Pesta
  • Tempat hiburan
  • Tempat maksiat.

Musuh-musuh Iblis

Musuh Iblis ada lima belas dari golongan manusia, sebagaimana yang disebutkan dalam kitab Durratun Nasihin Hal. 215 sebagai berikut:

وذكر عن وهب بن منبه أنه قال: أمر الله تعالى إبلس أن يأتي محمدا عليه الصلاة والسلام ويجيبه عن كل ما يسأله, فجاءه على صورة وبيده عكازة, فقال عليه الصلاة والسلام من أنت؟ قال أنا إبلس, قال لماذا جئت؟ قال إن الله أمرني أن آتيك وأجيبك عن ماسألتني, فقال عليه الصلاة والسلام: يا إبلس كم أعدائك من أمتي؟ قال خمسة عشر: ألأول أنت يا محمد. وألثاني إمام عادل. والثالث غني متواضع. والرابع تاجر صادق. والخامس عالم مصل يتخشع. والسادس مؤمن ناصح. والسابع مؤمن رحيم. والثامن تائب ثابت على توبته. والتاسع متورع عن الحرام. والعاشر مؤمن يداوم على الطهارة. والحادي عشر مؤمن كثير الصداقة. والثاني عشر حسن الخلق. والثالث عشر مؤمن ينفع الناس. والرابع عشر حامل القرأن يديم قرأته. والخامس عشر قائم بالليل والناس نيام. {درة الناصحين 215}

Diceritakan dari Wahab Bin Munabbah sesungguhnya dia telah berkata: “Allah SWT Memerintahkan kepada Iblis untuk mendatangi Rasulullah SAW dan menjawab segala pertanyaannya, lalu Iblis mendatanginya menyerupai laki-laki tua dengan membawa tongkat, Nabi pun bertanya kepada Iblis “siapakah kamu?“ Iblis menjawab ”saya Iblis” untuk apa datang ke sini?“ Iblis menjawab ”sesungguhnya Allah SWT memerintahkan kepadaku agar datang menemuimu dan menjawab semua pertanyaan-pertanyaanmu kepadaku”, maka Rasulullah SAW bertanya ”wahai Iblis ada berapakah musuh-musuhmu dari golongan umatku?” Iblis menjawab, “ada lima belas” yaitu:

  1. Engkau wahai Muhammad
  2. Pemimpin yang adil
  3. Orang kaya yang rendah hati
  4. Pedagang yang jujur
  5. Orang alim yang melakukan shalat dengan khusu’
  6. Orang mukmin yang selalu mengharap kebaikan
  7. Orang mukmin yang selalu mengasihi
  8. Orang yang menetapi tobatnya
  9. Orang yang menjauhi perkara haram
  10. Orang mukmin yang selalu dalam keadaan suci
  11. Orang yang memperbanyak sedekah
  12. Orang mukmin yang mempunyai budi pekerti yang luhur
  13. Orang mukmin yang bermanfaat bagi orang lain
  14. Orang yang hafal Al-Qur’an dan selalu membacanya
  15. Orang yang selalu shalat malam, sementara yang lain tidur

(Durratun Nasihin 215)

Nama-nama Syaitan berserta tugasnya

Macam-macam jenis nama Syaitan ada 9 dan mempunyai tugas sendiri-sendiri hal ini dijelaskan dalam kitab Nashaikhul Ibad, Hal. 57 sebagai berikut:
فَاَمَّا زَلِيْتُوْنَ فَهُوَ صَاحِبُ الأَسْوَاقِ فَيَنْصِبُ فِيْهَا رَايَتَهُ، وَاَمَّا اَعْوَانُ  فَهُوَ صَاحِبُ السُّلْطَانِ، وَاَمَّا هَفَّافَُ  فَهُوَ صَاحِبُ الشُّرْبِ، وَاَمَّا مُرَّةُ  فَهُوَ صَاحِبُ المَزَامِرِ، وَاَمَّا لَقُوْسُ  فَهُوَ صَاحِبُ المَجُوْسِ، وَاَمَّا المَسُوْطُ  فَهُوَ صَاحِبُ الأَخْبَارِ يُلْقِيْهَا فِى اَفْوَاهِ النَّاسِ وَلاَيَجِدُوْنَ لَهَا اَصْلاً، وَاَمَّا الدَّاسِمُ  فَهُوَ صَاحِبُ البُيُوْتِ اِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ المَنْزِلَ وَلَمْ يُسَلِّمْ وَلَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللّٰهِ اَوْقَعَ فِيْهَا بَيْنَهُمْ المُنَازَعَةِ حَتَّى يَقَعَ الطَّلاَقُ وَالخُلْعُ وَالضَّرْبُ، وَاَمَّا وَلْهَانُ فَهُوَ يُوَسْوِسُ فِي الوُضُوْءِ وَالصَّلَاةِ وَالعِبَادَاتِ

  1. Syaitan Zalitun, bertempat di pasar. Ia bertugas menghias dengan hiasan sumpah palsu, mengurangi timbangan dan takaran yang bertujuan untuk menipu.
  2. Syaitan watsin, bertugas menggoda orang yang tertimpa musibah dengan tujuan agar selalu mengeluh.
  3. Syaitan Laqus, bertugas menggoda orang yang sedang shalat dan wudhu dengan cara menumbuhkan rasa was-was.
  4. Syaitan A’wan, bertugas menghias para pejabat atau pemimpin dengan hiasan rasa kesewenang-wenangan.
  5. Syaitan Haffaf, bertugas menemani orang yang minum khamer/pemabuk.
  6. Syaitan Murroh, bertugas untuk mendekati ahli musik agar selalu lalai dan lupa kepada Allah SWT.
  7. Syaitan Musuth, bertugas mendampingi orang yang membawa berita bohong.
  8. Syaitan Dasim, berada dalam rumah. Bertugas untuk membuat pertengkaran dalam rumah tangga dan menghiasi pantat perempuan supaya kelihatan seksi/bahenol.
  9. Syaitan Walhan, bertugas untuk mengganggu orang yang sedang melakukan shalat, wudhu dan ibadah yang lain.

Semoga kita semua terhindar dari godaan syaitan yang terkutuk.

Wallahu A’lam bissowab

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here