Beranda Aminsaja News Jadwal Puasa 2022 Purwokerto-Banyumas

Jadwal Puasa 2022 Purwokerto-Banyumas

2523
0
Jadwal Puasa 2022 Purwokerto-Banyumas

Aminsaja.Com Jadwal Puasa 2022 Purwokerto-Banyumas, Salah satu penunjang kelancaran Ibadah Puasa bulan Ramadan adalah jadwal puasa yang kredibel dan dapat dipercaya.

Puasa merupakan ibadah yang dibatasi oleh waktu, yaitu dimulai dari terbitnya fajar (shadiq) sampai terbenam nya matahari.

Untuk mengetahui jadwal imsakiyah di seputar Purwokerto-Banyumas, maka kami sajikan jadwal instan yang dapat dipakai sebagai rujukan terpercaya baik secara perorangan maupun kelembagaan.

Berikut Jadwal Puasa / Imsakiyah di seputar Purwokerto dan Banyumas Raya :

Sumber: BAZNAS Kabupaten Banyumas

Jadwal di atas menggunakan asumsi waktu penetapan 1 Ramadan jatuh pada tanggal 2 April 2022, Untuk kepastian waktu kapan datangnya tanggal 1 Ramadan tetap menunggu rilis atau pengumuman resmi dari pemerintah, yang baru akan mengadakan sidang istbat tanggal 1 April 2022.

Pengertian Fajar Shadiq dan Fajar Kazib

Sebagaimana dijelaskan di atas, bahwa batas puasa dimulai dari fajar Shadiq, arti fajar Shadiq menurut Wikipedia adalah :

Fajar Shadiq adalah sebuah cahaya yang terlihat pada waktu subuh sebagai batas antara akhir malam dengan permulaan pagi.Terbit fajar shadik merupakan tanda awal waktu bagi salat subuh. Demikian pula sebagai tanda awal waktu pelaksanaan puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunah.

Sedangkan Fajar Kazib adalah sebuah cahaya yang agak terang yang terlihat memanjang dan mengarah ke atas di tengah-tengah langit, berbentuk seperti ekor serigala. Meski pun,Fajar Kazib telah berakhir, kita belum bisa melaksanakan Salat Subuh karena cahaya putih (Fajar Shadiq) belum menyebar di ufuk Timur.

Pengertian Imsakiyah

Imsak berasal dari kata bahasa Arab yakni “amsaka-yumsiku-imsaaka” yang artinya menahan. Puasa adalah ibadah yang berupa menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, Sehingga untuk mengetahui jadwal dimulainya puasa masyarakat menyebutnya dengan jadwal imsakiyah yang artinya jadwal puasa.

Penjelasan Detail batas berpuasa

Dalam kitab Iqna’ Imam Al-Mawardi menjelaskan:

وزمان الصّيام من طُلُوع الْفجْر الثَّانِي إِلَى غرُوب الشَّمْس لَكِن عَلَيْهِ تَقْدِيم الامساك يَسِيرا قبل طُلُوع الْفجْر وَتَأْخِير (الْفطر) يَسِيرا بعد غرُوب الشَّمْس ليصير مُسْتَوْفيا لامساكمَا بَينهمَا

“Waktu berpuasa adalah dari terbitnya fajar kedua sampai tenggelam nya matahari. Akan tetapi (akan lebih baik bila) orang yang berpuasa melakukan imsak (menghentikan makan dan minum) sedikit lebih awal sebelum terbitnya fajar dan menunda berbuka sejenak setelah tenggelam nya matahari agar ia menyempurnakan imsak (menahan diri dari yang membatalkan puasa) di antara keduanya.” (lihat Ali bin Muhammad Al-Mawardi, Al-Iqnaa’ [Teheran: Dar Ihsan, 1420 H] hal. 74)

Dalam kitab Al-Fiqh Al-Manhaji Dr. Musthafa al-Khin menyebutkan:

والصيام شرعاً: إمساك عن المفطرات، من طلوع الفجر إلى غروب الشمس مع النية.

“Puasa menurut syara’ adalah menahan diri dari apa-apa yang membatalkan dari terbitnya fajar sampai dengan tenggelam nya matahari disertai dengan niat.” [Damaskus: Darul Qalam, 1992], juz 2, hal. 73)

Dengan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa awal dimulainya puasa adalah ketika terbit fajar yang merupakan tanda masuknya waktu Shalat subuh, bukan pada waktu imsak. Adapun berimsak (mulai menahan diri) lebih awal sebelum terbitnya fajar sebagaimana disebutkan oleh Imam Mawardi hanyalah sebagai anjuran agar lebih sempurna masa puasanya. Demikian dikutip dari NU Online.

SELAMAT MENYAMBUT RAMADAN KARIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here