Beranda Doa-Doa Praktis Kejelekan Dunia

Kejelekan Dunia

42
0
Kejelekan Dunia

Dunia itu musuh Allah Ta’ala dan para wali-Nya serta ,usuh dari para musuh-Nya. Permusuhannya terhadap Allah Ta’ala disebabkan ia memutuskan jalan terhadap para wali-Nya. Oleh karena itu, Allah tidak melihat kepadanya sejak menciptakannya. Permusuhan terhadap wali Allah disebabkan ia berhias bagi mereka dan memperdayai mereka dengan keindahan dalam kebagusannya hingga mereka mempertahankan kesabaran yang pahit dalam memutuskan hubungan dengannya. Sedangkan permusuhan terhadap musuh-musuh Allah disebabkan dunia itu terbuka lebar dan dinikmati oleh mereka dengan tipu dayanya hingga mereka memperpacayai dan mengandalkannya, kemudian ia melantarkan mereka di saat mereka sangat membutuhkannya.

Para nabi diutus untuk menyeru orang-orang dari dunia kepada akhirat. Mengenai dunia diturunkan kitab-kitab. Kebanyakan ayat yang menunjukkan kepadanya. Diriwayatkan bahwa ketika Nabi SAW melewati seekor kambing yang mati, beliau berkata, ” Bukankah kalian melihat kambing ini remeh atas pemiliknya? “Para sahabat menjawab, “Ya” Nabi bersabda:

والذي نفسي بيده إن الدنيا أهون على الله عز وجل من هذه على صاحبها ولو كانت الدنيا تعدل عند الله جناح بعوضة ما سقى كافرا منها شربة من ماء

Artinya: “Demi Tuhan yang nyawaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya dunia lebih remeh bagi Allah Azza wa jalla daripada kambing ini terhadap pemiliknya. Andaikan dunia ini menyamai sayap nyamuk di sisi Allah, niscaya Dia tidak memberikan minum orang kafir seteguk air pun”

Dan juga dijelaskan dalam hadist lain sebagai berikut:

الدنيا سجن المؤمن وجنة الكافر

Artinya: “Dunia ini penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir”

Zaid bin Arqam sedang bersama Abu Bakar Ash-Shiddiq ra. Kemudian ia menyuruh mengambil minuman, maka diambilkan air dan madu. Ketika mendekatkannya dari mulutnya, Abu Bakar menangis hingga membuat teman-temannya menangis. Kemudian mereka diam, tetapi Abu Bakar tidak. Lalu Abu Bakar menangis lagi hingga mereka menyangka tidak dapat menanyainya. Lalu Abu Bakar mengusap kedua matanya. Dan mereka berkata, “Wahai kholifah Rasulullah, apa yang membuatmu menangis?” Abu Bakar menjawab, “Aku berada bersama Rasulullah SAW. Tiba-tiba kulihat beliau menyingkirkan sesuatu dari dirinya, padahal aku tidak melihat seorang pun”

Maka aku berkata, “Ya Rasulullah, apa yang engkau singkirkan dari dirimu?”

Beliau menjawab, “Dunia ini menjelma di hadapanku, maka aku berkata kepadanya: Pergilah engkau dariku”.

Kemudian ia kembali seraya berkata, “Sesungguhnya jika engkau bisa selamat dan lolos dariku, namun tidak ada yang lolos seorangpun dariku sesudahnya”.

Dunia hanyalah untuk tempat singgah dan untuk berbuat amal serta mengabdian kepada Allah agar selamat dari adzab api neraka. Gunakan dunia ini sekiranya bermanfaat bagi diri kita kelak diakhirat.

Wallahu A’lamu Bissowab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here