Beranda Keutamaan Keutamaan Dan Manfaat Puasa Senen Kamis

Keutamaan Dan Manfaat Puasa Senen Kamis

246
0
Keutamaan Dan Manfaat Puasa Senen Kamis

Aminsaja.comKeutamaan Dan Manfaat Puasa Senen Kamis, Puasa Senen Kamis merupakan amalan sunah yang istimewa karena selalu dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Cara melakukan puasa Senen Kamis pun sama dengan puasa sunah lainnya.

Puasa Sunah Senen Kamis dapat menjadi pilihan amalan puasa umat Islam dikarenakan banyak manfaat dan keuatamaanya.

Puasa Sunah selain Senen Kamis sebetulnya banyak, diantaranya Puasa sunah Dawud, Syawal, 9 Dzulhijah/Arafah, Muharam, Bid dan lain sebagainya.

Keutamaan puasa Sunah Senen Kamis adalah salah satu amalan Rasulullah SAW, sehingga menjalankan amalan puasa ini akan mendapatkan banyak keutamaan dan manfaat.

Keutamaan Puasa Senen Kamis

1. Mengikuti Kebiasaan Rasulullah SAW

Berdasarkan sebuah hadits Rasulullah SAW selalu melaksanakan puasa sunah Senen Kamis, bahkan beliau selalu menunggu datangnya hari tersebut. untuk itu sebagai umatnya tentu kita wajib mengikuti apa yang Beliau contohkan.

Telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Ammar berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hamzah berkata, telah menceritakan kepadaku Tsaur bin Yazid dari Khalid bin Madan dari Rabiah bin Al Ghaz bahwasanya dia bertanya kepada Aisyah tentang puasanya Rasulullah SAW, maka Aisyah pun menjawab, “Beliau selalu puasa Senin dan Kamis.”

2. Menghormati hari Kelahiran Rasulullah SAW

Puasa Senin Kamis adalah puasa yang kerap dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, disebabkan di hari itu adalah hari kelahiran Rasulullah SAW:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اَلِاثْنَيْنِ, قَالَ: ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ, وَبُعِثْتُ فِيهِ, أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ  رَوَاهُ مُسْلِمٌ 

Artinya: “Dan ketika beliau ditanya mengenai puasa hari Senin, beliau menjawab: “hari itu adalah hari kelahiranku, dan pada hari itu juga aku diutus, dan hari diturunkan Al-Qur’an padaku.”  (HR.Muslim)

Rasulullah SAW adalah cahaya bagi kegelapan, tanpa hadirnya beliau, tentu kita semua dalam kebodohan dan kejahiliyahan, maka sebagai bentuk kebahagiaan dan rasa syukur kita, setiap hari kelahirannya kita peringati dengan puasa.

3. Rasulullah SAW Semangat melaksanakannya

Rasulullah SAW sangat bersemangat untuk berpuasa Senin kamis sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالخَمِيسِ

Artinya: “Rasulullah SAW bersemangat untuk berpuasa hari Senin dan Kamis” .(HR. At-Tirmidzi)

4. Pintu Surga Dibuka

Manusia sebagaimana fitrahnya yaitu tempat salah dan dosa, sehingga setiap waktu, disengaja atau tidak, pasti melakukan banyak kesalahan dan dosa. Sepanjang dosa yang dilakukan bukan kemusyrikan, maka akan diampuni oleh Allah SWT. Dengan berpuasa Senen Kamis maka harapannya dosa dan kesalahan akan diampuni. Rasulullah SAW bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ، وَيَوْمَ الْخَمِيسِ، فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لَا يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا، إِلَّا رَجُلًا كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

artinya: “Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan. Dikatakan Tangguhkanlah dua orang ini hingga mereka berdamai! Tangguhkanlah dua orang ini hingga mereka berdamai! Tangguhkanlah kedua orang ini hingga mereka berdamai!”  (HR. Muslim No. 2565).

5. Hari diangkatnya amal manusia

Setiap Senen dan Kamis catatan amal baik dan buruk manusia dinaikkan dan dihadapkan ke Allah SWT, agar catatan amal manusia bernilai baik, maka setiap hari tersebut di tutup dengan puasa. Rasulullah SAW bersabda:

إن أعمالَ الناسِ تُعرَضُ يومَ الاثنين ويومَ الخميس

Artinya: “Amalan manusia dihadapkan kepada Allah pada hari Senin dan Kamis”.

6. Hari Kenabian Rasulullah SAW

Allah SWT menurunkan Kitab Suci Al Qur’an kepada Nabi Muhammad pada hari Senin. Nabi Muhammad pun menyambut dengan puasa di hari itu.

“Itu adalah hari aku dilahirkan, diangkat menjadi Nabi, dan diturunkannya kepadaku Al Qur-an (pertama kali),” (HR Muslim).

Dengan melaksanakan puasa di hari Senen Kamis, maka secara tidak langsung ikut menghormati sejarah turunya Al-Quran sekaligus merayakan saat

7. Mendapatkan Balasan Langsung dari Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda:

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR.Muslim).

Manfaat Puasa Senen Kamis

Bagi kebanyakan orang memang puasa sunah merupakan amalan yang sulit untuk dilaksanakan, karena puasa merupakan pengekangan terhadap hawa nafsu yang paling tinggi. Akan tetapi puasa mempunyai keutamaan dan manfaat yang luar biasa. Di antara manfaatnya bagi diri adalah sebagai berikut:

1. Pengendali Diri

Dengan berpuasa maka pengendalian diri seseorang ditempa, Puasa tidak hanya pengekangan diri terhadap makan dan minum saja, tetapi pengendalian diri terhadap hal-hal yang dilarang oleh Agama.

2. Baik Untuk Kesehatan

Puasa Senen Kamis berdampak langsung dengan kesehatan, tentang anggapan bahwa puasa justru membuat orang sakit adalah tidak benar sama sekali. karena dengan berpuasa sistem pencernaan kita justru diistirahatkan sehingga nantinya bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

Berpuasa juga dapat mengatasi masalah darah tinggi yang sangat berpotensi menjadi penyebab sakit jantung. Pasalnya, ketika berpuasa, emosi kita lebih terjaga. Sehingga tekanan darah yang semula tinggi, lama kelamaan akan menjadi stabil kembali.

3. Terhindar dari Ajakan Hawa Nafsu

Orang yang berpuasa akan selalu terjaga dari melakukan hal-hal yang tidak baik, karena dorongan untuk melakukan keburukan berasal dari hawa nafsu, sedangkan nafsu akan terkekang oleh orang yang melaksanakan puasa. Dan ketika seseorang hendak melakukan dosa tentu ia akan ingat bahwa dirinya sedang berpuasa.

4. Menambah Kebaikan amal

Puasa Senen Kamis merupakan bukti kecintaan umat terhadap nabinya, dengan keutamaan yang disebutkan di atas, maka puasa Senen kamis merupakan bentuk ittiba dengan Rasulullah SAW yang berpahala besar

5. Melatih Kedisiplinan

Dengan Rutin berpuasa rutin Senen dan Kamis, secara tidak langsung melatih seseorang berlaku ditentu akan siplin, tidak mudah tergoda oleh hal-hal yang menggoda hatinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here