Beranda Keutamaan Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Insyirah

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Insyirah

43
0
Keutamaan dan Manfaat Surat Al Insyirah

Aminsaja.comKeutamaan dan Manfaat Surat Al-Insyirah. Surat Al-Insyirah turun sebagai penenang dan penghibur hati Nabi Muhammad SAW yang sedang memikul beban sangat berat. Dan Al-Quran merupakan kitab suci sekaligus pedoman bagi umat Islam untuk berperilaku sehari-hari. Al-Quran juga merupakan pengetahuan tertinggi yang bisa membawa kedamaian bagi manusia di dunia dan akhirat.

Setiap kandungan surat di dalam Al-Quran tentu perlu dipahami. Ayat-ayat yang terkandung di dalamnya memiliki keistimewaan tersendiri. Pelajaran di dalam surat Al-Quran bisa dijadikan pegangan hidup untuk berbuat kebaikan. Salah satu surat yang memiliki keutamaan luar biasa adalah surat Al-Insyirah.

Surat Al-Insyirah berisi tentang penegasan Allah SAW bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan yang mengikutinya. Surat yang terdiri dari delapan ayat ini tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Makkah. Surat Al-Insyirah akan memberikan manfaat dan keutamaan bagi setiap pembacanya. Salah satu manfaat surat Al-Insyirah adalah melapangkan hati seseorang yang rajin membaca tiap hari. Tak hanya pahala yang didapatkan, manfaat membaca surat Al-Insyirah akan membuka pintu rezeki dari arah mana saja yang tak terduga.

Memahami Isi Kandungan Surat Al-Insyirah

Isi kandungan surat Al-Insyirah juga penting dipahami selain manfaatnya yang luar biasa. Mengetahui isi kandungan surat Al Insyirah, bisa dijadikan pedoman dalam bersikap dan bertindak sehari-hari. Berikut isi kandungan surat Al Insyirah yang penting diketahui:

A. Allah SWT melapangkan hati Rasulullah SAW yang dalam usahanya untuk mensyiarkan agama Islam yang kerap menemui kesulitan. Surat Al-Insyirah ditujukan untuk Nabi SAW tetapi juga umat Islam yang diliputi rasa susah dan gelisah.

B. Allah SAW menekankan sebanyak dua kali bahwa beserta kesulitan pasti ada kemudahan. Maka dari itu jika ada seseorang mengalami kesulitan, maka tetaplah berprasangka baik kepada Allah SWT.

C. Manusia tidak boleh bermalas-malasan dan hanya menunggu keajaiban datang. Manusia semestinya berusaha dan bersabar jika menghadapi kesulitan.

E. Allah SWT memerintahkan di saat selesai mengurusi satu persoalan, hendaknya jangan berdiam diri, tapi melakukan urusan lain secara sungguh-sungguh.

F. Allah SWT mengingatkan usaha juga harus diiringi dengan tawakal. Sebab hanya Allah SWT yang berkehendak memutuskan segala sesuatu termasuk keberhasilan usaha.

Manfaat Surat Al-Insyirah yang Rutin Dibaca Tiap Hari

Menurut Prof Quraish Shihab dalam tafsir Al Misbah, Surat Al Insyirah turun sebagai penenang hati Nabi Muhammad SAW. Pada saat itu, Nabi SAW sedang memikul beban yang sangat berat, walaupun tidak secara tekstual Al-Quran menguraikan beban tersebut.

Hal ini menjadi salah satu faktor yang digunakan untuk memahami Surat Al-Insyirah. Sebab disebutkan oleh Syeikh Muhammad Haqqi An Nazili dalam Kitab Khazinatul Asror, bahwa orang yang membaca surat Al-Insyirah dalam keadaan susah, seakan ia bertemu dengan Rasulullah SAW yang datang menghiburnya. Sehingga kesedihan pun hilang perlahan-lahan. Berikut 10 manfaat Surat Al-Insyirah:

1. Manfaat surat Al-Insyirah yang dibaca ketika sedih, niscaya seseorang itu seperti bertemu dengan Rasulullah SAW sehingga merasa gembira.

2. Barangsiapa membaca surat Al-Insyirah setiap selesai salat lima waktu, maka Allah SWT akan memudahkan urusannya dan menghilangkan kesedihannya.

3. Manfaat surat Al-Insyirah yang rutin dibaca juga akan membuat pembacanya mendapatkan rezeki dari jalan yang tidak di sangka-sangka.

4. Membaca surat Al-Insyirah dapat memudahkan rezeki, melapangkan hati yang sedih, dan menghilangkan segala masalah.

5. Rajin membaca surat al-Insyirah akan meminimalisir kegagalan seseorang dalam bekerja dan mencari rezeki.

6. Manfaat surat Al-Insyirah yang rutin dibaca tiap hari juga akan menghilangkan kemalasan dalam beribadah.

7. Manfaat surat Al-Insyirah juga akan memberikan semangat bagi seorang pengangguran untuk bekerja dan mencari pekerjaan halal.

8. Manfaat membaca surat Al-Insyirah pada waktu dhuha sebanyak 200 kali, akan memberikan kemampuan istimewa untuk mengetahui rahasia yang menakjubkan.

9. Membaca surat Al-Insyirah sebanyak 40 kali selepas salat fardhu selama 7 hari berturut-turut, maka seseorang akan diberi limpahan kekayaan yang sangat melimpah.

10. Membaca surat Al-Insyirah sebanyak huruf dari surat tersebut, akan menjadi sarana terkabulnya permohonan seseorang kepada Allah SWT.

Wallahu A’lamu Bissowab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here