Beranda Keutamaan Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadan

Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadan

35
0
Keutamaan Membaca Al Quran di Bulan Ramadan

Aminsaja.comKeutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadan. Banyak sekali keutamaan membaca Al-Quran di bulan Ramadan bagi umat muslim yang senantiasa mengamalkannya. Dalam ajaran Islam, Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa sehingga setiap muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya. Hal ini juga dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam HR Tirmidzi keterangannya sebagai berikut:

عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ  

Artinya: Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

Ada lima keutamaan membaca Al-Qura’an di bulan Ramadan

1. Pahalanya Berlipat ganda

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadist Bukhari dan Muslim sebagai berikut:

 الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أجْرَانِ متفقٌ عَلَيْهِ

Artinya: “Yang membaca Al-Qur`an dan dia mahir membacanya, dia bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan yang membaca Al-Qur`an namun dia tidak tepat dalam membacanya dan mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.”(Al-Bukhari 4937, Muslim 244)

2. Mendapatkan Ketenangan Hati

Allah SWT berfiman dalam Surat Al-Israa sebagai berikut:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya: “Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QS. Al-Isra ayat: 82)

3. Dimohonkan Ampunan oleh Malaikat

Seorang yang berhasil khatam Al-Qur’an, maka 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya. Hal ini senada dengan bunyi hadist Ad-Dailami yang artinya sebagai berikut:

Rasulullah ﷺ bersabda: “Ketika seorang hamba membaca Alquran ketika khatamannya ada 60 ribu Malaikat yang ikut membacakan sholawat (mendoakan) hamba tersebut.” (HR Adalaimi)

4. Menyempurnakan Ibadah Puasa

Membaca Al-Qur’an selama bulan Ramadan juga dapat menyempurnakan ibadah puasa yang ia kerjakan. Hal ini sudah dijelaskan dalam Surat Al Baqarah ayat 185 di mana Allah SWT menurunkan Al-Qur’an pada saat bulan Ramadan sehingga bagi umat muslim yang membacanya akan mendapatkan pahala yang besar dan ibadah yang lebih sempurna. Sebagaimana dijelaskan sebagai berikut:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya: “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur”. (QS. Al-Baqarah ayat: 185).

5. Memberikan Pertolongan di Hari Akhir

Rasulullah bersabda sebagai berikut:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه

Artinya: “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim 804)

Nabi SAW memerintahkan untuk membaca Al-Qur`an dengan bentuk perintah yang bersifat mutlak. Sehingga membaca Al-Qur`an diperintahkan pada setiap waktu dan setiap kesempatan. Lebih ditekankan lagi pada bulan Ramadan. Nanti pada hari Kiamat, Allah SAW akan menjadikan pahala membaca Al-Qur`an sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, datang memberikan syafa’at (pertolongan) dengan izin Allah SAW kepada orang yang rajin membacanya.

Wallahu A’lamu Bissowab



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here