Beranda Keutamaan Keutamaan Puasa Arafah Lengkap Beserta Caranya

Keutamaan Puasa Arafah Lengkap Beserta Caranya

31
0
Keutamaan Puasa Arafah Lengkap Beserta Caranya

Aminsaja.com Keutamaan Puasa Arafah Lengkap Beserta Caranya. Puasa Arafah 9 Dzulhijjah memiliki keutamaan begitu besar. Oleh karenanya para ulama memasukkan puasa Arafah ini ke dalam puasa sunah yang sangat dianjurkan (muakkad). Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat Muslim dengan keterangan sebagai berikut:

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية 

Artinya: “Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim).

Mayoritas ulama bersepakat bahwa dosa yang dapat dihapus oleh amalan puasa hari Arafah 9 Dzulhijjah ini adalah dosa kecil. Imam An-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim-nya menjelaskan sebagai berikut:

وكذلك صوم يوم عرفة كفارة سنتين ويوم عاشوراء كفارة سنة واذا وافق تأمينه تأمين الملائكة غفر له ما تقدم من ذنبه والجواب ما أجابه العلماء أن كل واحد من هذه المذكورات صالح للتكفير فان وجد ما يكفره من الصغائر كفره وان لم يصادف صغيرة ولا كبيرة كتبت به حسنات ورفعت به درجات وان صادفت كبيرة أو كبائر ولم يصادف صغيرة رجونا أن يخفف من الكبائر والله أعلم

Artinya: “Demikian juga ‘Puasa hari Arafah 9 Dzulhijjah menjadi kafarah (dosa) dua tahun, dan hari Asyura menjadi kafarah (dosa) setahun. Bila seruan ‘amin’-nya berbarengan dengan ‘amin’ para malaikat, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu.’ Jawaban yang dikedepankan para ulama adalah bahwa setiap satu dari dari semua amal yang tersebut itu layak menjadi kafarah. Jika terdapat dosa kecil yang mesti dihapus, maka amal itu akan menghapusnya. Tetapi jika tidak berhadapan dengan dosa kecil tetapi tidak dosa besar, maka amal itu akan menjadi catatan kebaikannya dan mengangkat derajatnya. Jika amal ibadah itu berhadapan dengan satu atau sekian dosa besar dan tidak dosa kecil, kita berharap amal ibadah itu dapat meringankan siksa atas dosa besar tesebut. Wallahu a’lam.” (Imam An-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim).

Abdurrauf Al-Munawi dalam Kitab Faidhul Qadir menjelaskan hadits, (Puasa Arafah dapat mengugurkan dosa dua tahun,) dosa tahun (lalu) yaitu dosa pada tahun yang sedang berjalan (dan dosa pada tahun kemudian) yaitu tahun sesudahnya.

Keutamaan Puasa Arafah

Puasa sunah pada tanggal 9 Dzulhijjah ini memiliki manfaat, keutamaan atau hikmah yang sangat istimewa. Berikut beberapa diantaranya.

1. Menghapus dosa yang diperbuat setahun sebelumnya.

2. Menghapus dosa yang akan diperbuat setahun berikutnya.

3. Mendapat pahala yang berlipat ganda pada hari tersebut.

4. Pengganti bagi kaum muslimin yang tidak bisa mengerjakan ibadah haji.

5. Menjadi amalan khusus pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

6. Dilaksanakan pada hari arafah yang merupakan hari di mana Allah SWT membebaskan banyak manusia dari siksa api neraka.

Itulah 6 manfaat, keutamaan dan hikmah puasa yang dikerjakan pada tanggal 9 Zulhijjah.

Niat Puasa Arafah

Berikut adalah bacaan doa niat arafah yang dikerjakan pada tanggal 9 Zulhijjah pada kalender Arab atau hijriyah. Ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin beserta artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Puasa

Cara mengerjakan arafah sesuai sunah sebenarnya sama saja dengan mengerjakan puasa sunah atau puasa wajib lainnya. Berikut adalah cara puasa yang benar.

A. Membaca niat puasa pada malam hari sebelum terbit fajar.

B. Disunnahkan melaksanakan sahur agar mendapat pahala yang lebih banyak, namun jika tidak maka puasa akan tetap sah.

C. Menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

E. Berbuka pada waktunya, yakni ketika matahari tenggelam saat masuk waktu salat magrib.

Waktu Pelaksanaan

Puasa sunah ini dikerjakan tepat pada tanggal 9 Dzulhijjah atau pada waktu wukuf jemaah haji di Padang Arafah, Arab Saudi. Lalu bagaimana jika kalender hijriiyah di Indonesia berbeda dengan yang di Arab Saudi? Apakah mengikuti kalender Indonesia atau waktu wukuf jemaah haji?

Dalam hal ini, para ulama berpendapat bahwa kita sebaiknya mengikuti waktu wukuf jemaah haji di Arafah. Sehingga semoga tidak ada perdebatan mengenai hal ini di kemudian hari.

Puasa 9 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Selain arafah, berikut beberapa puasa sunah yang sama-sama dikerjakan pada bulan Dzulhijjah. Terdapat tiga macam puasa sunah pada bulan Dzulhijjah yang dapat memperbanyak amal ibadah kita.

  • Puasa Dzulhijjah (Tanggal 1-7 Dzulhijjah)
  • Puasa Tarwiyah (Tanggal 8 Dzulhijjah)
  • Puasa Arafah (Tanggal 9 Dzulhijjah)

Jika mengerjakan ketiga puasa tersebut secara berturut-turut, Insya Allah hidup kita akan diberkahi oleh Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat.

Itu dia artikel mengenai puasa arafah. Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi pembacanya.

Wallahu A’lamu Bissowab




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here