Beranda Doa-Doa Praktis Keutamaan Shalat Qobliyah Subuh Niat dan Tata Caranya

Keutamaan Shalat Qobliyah Subuh Niat dan Tata Caranya

37
0
Keutamaan Shalat Qobliyah Subuh Niat dan Tata Caranya

Aminsaja.com Keutamaan Shalat Qobliyah Subuh Niat dan Tata Caranya. Salat sunah sebelum subuh dinamakan salat sunah rawatib qabliyah subuh.

Melansir dari buku Panduan Salat Sunah Lengkap karya KH. Muhammad Sholikhin, hukum salat sunah rawatib qabliyah subuh umumnya sangat disarankan untuk dikerjakan umat Islam (sunah muakkad). Sebab, salat ini tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadist sebagaia berikut:

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- لَمْ يَكُنْ عَلَى شَىْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مُعَاهَدَةً مِنْهُ عَلَى رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الصُّبْحِ

Artinya: “Nabi SAW tidaklah menjaga salat sunah yang lebih daripada menjaga salat sunah dua rakaat sebelum Subuh.” (HR. Muslim)

Keutamaan Salat Sunah Sebelum Subuh

Meski hanya dikerjakan dua rakaat, namun salat sunah sebelum subuh memiliki keutamaan yang sangat besar dan agung. Sebab, salat tersebut lebih baik dari dunia dan se-isinya. Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah SAW berikut ini:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua rakaat fajar (salat sunah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan se-isinya.” (HR. Muslim).

Selain itu, ada juga beberapa keutamaan lainnya, berdasarkan hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan an-Nasa’i yaitu:

  1. Sebagai penyempurna salat fardhu.
  2. Mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT.
  3. Diharamkannya api neraka atas tubuh kita.
  4. Allah SWT membuatkan rumah di surga untuk kita.

Bacaan Niat dan Tata Cara Salat Sunah Sebelum Subuh

Cara mengerjakan salat sunah rawatib qabliyah subuh sama dengan ibadah salat lainnya. Yang pertama niat. Keterangannya sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Artinya:”Aku niat salat sunah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Dan dilanjut dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam. Namun di rakaat yang pertama membaca surat al-fatihah dan surat pendek dari Al-Qur’an dan pada rakaat pertama setelah Al-fatihah membaca surat Al-Kafirun. Dan pada rakaat yang kedua setelah membaca surat Al-Fatihah, membaca surat al-Ikhlas.

Setelah mengetahui dan memahami pengertian, keutamaan hingga bacaan dan tata cara salat sunah rawatib qabliyah subuh, jangan lupa untuk diamalkan dalam keseharian. Tujuannya agar hidup kita penuh dengan berkah dari Allah SWT.

Wallahu A’lamu Bissowab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here