Beranda Aminsaja News KKN UIN SAIZU Prakarsai Sosialisasi Zakat di Losari

KKN UIN SAIZU Prakarsai Sosialisasi Zakat di Losari

66
0
KKN UIN SAIZU Prakarsai Sosialisasi Zakat di Losari

AminsajaNews – Mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Losari kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas memprakarsai kegiatan edukasi tentang Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) bagi masyarakat desa setempat Rabu, 23/8/2023.

Kegiatan dikemas dalam bentuk sosialisasi dengan menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyumas sebagai narasumber yang dihadiri oleh unsur pimpinan BAZNAS, hadir dalam kesempatan ini wakil ketua 1 Bidang pengumpulan Muh Ridwan dan wakil ketua 3 Bidang Keuangan M Tohar.

Bertempat di balai desa Losari, sosialisasi dihadiri belasan takmir masjid dan mushola, mereka terlihat sangat antusias dan hidmat mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh para narasumber.

WhatsApp Image 2023 08 23 at 11 04 441

Menurut panitia kegiatan ini bertujuan untuk menambah literasi tentang zakat, infak dan sedekah dengan harapan dapat membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masjid atau mushola yang ada di desa Losari. Hal tersebut sesuai dengan amanat UU No 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat bahwa masjid dan mushola harus mempunyai ijin atau rekomendasi dari BAZNAS dalam pengelolaan ZIS.


BAZNAS Kabupaten Banyumas menyampaikan pentingnya pembentukan UPZ masjid karena hampir semua masjid dan mushola selain mengelola infak juga melakukan pengumpulan zakat terutama zakat fitrah di setiap bulan Ramadhan. Selanjutnya dijelaskan tentang tugas dan fungsi UPZ yang dimulai dari pengumpulan hingga perbantuan pentasharufan.

Dalam kesempatan tersebut peserta sosialisasi langsung diberikan formulir permohonan pembentukan UPZ dan selanjutnya akan di follow up oleh KKN UIN SAIZU Purwokerto, Hal ini disambut baik oleh BAZNAS Kabupaten Banyumas mengingat dakwah zakat harus dilakukan secara masif oleh berbagai pihak.

Di Kabupaten Banyumas potensi zakat menurut Indeks Pemetaan Potensi Zakat (IPPZ) BAZNAS RI terbilang cukup tinggi yaitu sebesar 922 M. Sementara perolehan sampai dengan tahun 2022 baru diangka 15, 6 M

Penulis:Kha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here