Beranda Aminsaja News Pengertian Sabar Beserta Dalilnya

Pengertian Sabar Beserta Dalilnya

10
0
Pengertian Sabar Beserta Dalilnya

Aminsaja.comPengertian Sabar Beserta Dalilnya. Sabar merupakan kata yang sering kali diucapkan oleh lisan. Orang yang memiliki sifat sabar akan memperoleh ketenangan, ketentraman dan kelapangan hati. Sabar memang bukanlah suatu perkara mudah yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, namun tidak pula mustahil seseorang memiliki sifat penyabar.

Islam memandang sifat sabar ini sebagai salah sifat terpuji yang harus dimiliki oleh orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. Orang yang tidak sabar tidak bisa dikatakan sebagai orang yang beriman. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dibahas tentang pengertian sabar dalam Islam dan dalil-dalil yang berkaitan dengan sabar.

Pengertian Sabar Dalam Islam

Dalam bahasa Arab kata yaitu berasal dari kata sobaro yasbiru, yang artinya menahan. Sedangkan secara istilah, sabar yaitu menahan diri atas segala macam bentuk kesulitan, kesedihan atau menahan diri saat menghadapi segala sesuatu yang tidak disukai dan dibenci.

Adapun pengertian sabar secara lebih luas yaitu menahanan diri agar tidak mudah marah, berkeluh kesah, benci, dendam, serta tidak mudah putus asa, melatih diri dalam ketaatan dan membentengi diri agar tidak melakukan perbuatan keji dan maksiat.

Dalam Islam, terdapat tiga bentuk sabar yaitu sabar dalam ketaatan, sabar dalam menghadapi musibah, dan sabar dalam menjauhi perbuatan maksiat, berikut adalah penjelasan dari macam-macam bentuk sabar tersebut.

Sabar dalam ketaatan

Pada saat menjalankan ketaatan dan perintah dari Allah SWT akan terasa berat sehingga membutuhkan kesabaran yang tinggi. Contohnya yaitu seperti sabar dalam menahan diri dari sifat malas agar tetap istiqomah dalam menjalankan kewajiban shalat tepat waktu, menjalankan shalat selalu berjamaah, sabar dalam menjalankan ibadah puasa dengan menjaga lisan, hati dan pikiran, sabar dalam menuntut ilmu dan lain sebagainya.

Sabar dalam menghadapi cobaan dan musibah

Orang yang beriman hendaknya bersabar dalam menjalani segala ujian, cobaan serta musibah yang datang kepadanya. Percaya lah bahwa Allah tidak akan menguji hamba-Nya yang diluar atas batas kemampuannya. Apabila mendapatkan cobaan, maka kita perlu bersabar dan ikhlas dengan apa yang sedang terjadi. Sebab, sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang sabar.

Sabar dalam kemaksiatan

Segala sesuatu yang haram serta dilarang Allah SWT hendaknya lebih baik kita jauhi. Segala bentuk maksiat itu menyenangkan, namun Allah melarangnya sehingga orang-orang yang beriman diharuskan guna menjaga dan menahan diri dari segala bentuk maksiat dan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

Dalil Tentang Sabar

Berikut adalah beberapa ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sabar, berikut adalah diantaranya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar“. (QS. Al-Baqarah: 153)

وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

Artinya: “Dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa“. (QS. Al-Baqarah: 177)

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ

Artinya: “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa”. (QS. Thoha: 132)

قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (QS. Az-Zumar: 10)

Manfaat Sabar

1. Memberi Ketenangan pada Tubuh dan Pikiran

Kesabaran dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi jauh lebih tenang. Anda tak akan terbebani dengan target yang ingin Anda capai, serta tidak mudah stres sebab selalu memaksa diri untuk bergerak cepat.

2. Menikmati Proses

Terburu-buru dapat membuat Anda menjadi terus berusaha dan hanya melihat target saja. Tarik nafas dalam-dalam serta tenangkan diri sebab setiap proses sangat berharga untuk dinikmati. Dan tak hanya itu ada banyak hal baru yang bisa Anda peroleh dari proses itu sendiri yang tidak akan pernah Anda rasakan apabila Anda berada dalam keadaan tertekan dan juga terburu-buru.

3. Menyeimbangkan Tempo dengan Lingkungan

Tak hanya Anda saja yang terkena dampak dari ketidak sabaran, lingkungan di sekitar Anda pun sama saja ikut merasakannya. Orang di sekitar Anda bahkan bisa saja lelah sebab melihat Anda tergesa-gesa tanpa jeda. Oleh sebab itu dengan kesabaran justru keseimbangan dengan lingkungan akan terjaga dengan baik.

4. Hidup Damai

Seorang dekan pascasarjana di Universitas Pace, New York City bernama Daniel Baugher berpendapat bahwa ketidak sabaran ini bisa menyebabkan kegelisahan, kebencian, serta permusuhan. Apabila Anda memupuk rasa sabar, maka Anda juga akan merasakan hidup Anda menjadi lebih damai karena setiap hal yang Anda lakukan mengalir dengan sendirinya.

5. Menjauhkan kita dari Banyak Penyakit

Benar sekali! Bersikap sabar ternyata dapat menjauhkan kita dari berbagai penyakit mematikan, seperti sakit jantung dan juga darah tinggi. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association pada tahun 2003, menyatakan bahwa orang yang tidak memelihara kesabaran pada usia 18-30 tahun, akan memungkinan besar mengalami tekanan darah tinggi di kemudian hari.

Wallahu A’lamu Bissowab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here