Beranda Aminsaja News Puasa Ramadhan 2022 berapa hari lagi? Tips Persiapan Puasa

Puasa Ramadhan 2022 berapa hari lagi? Tips Persiapan Puasa

339
0
Puasa Ramadhan 2022 berapa hari lagi? Tips Persiapan Puasa

AminsajaNews – Puasa Ramadhan 2022 berapa hari lagi? Tips Persiapan Puasa, Umat Muslim Sedunia saat ini tengah menanti saat – saat datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini.

Berbagai persiapan sudah dilakukan terutama Masjid-Masjid dan Mushola,

Beberapa hari lagi bulan mulia yang ditunggu-tunggu akan segera tiba, Pertanyaannya adalah jatuh pada hari dan tanggal berapa Ramadhan tahun ini?

Mungkinkah ada perbedaan penetapan tanggal satu Ramadhan?

Tanggal Satu Ramadhan Tahun 1443 H/2022 M

Pemerintah dan Ormas Islam terbesar di Indonesia yaitu Nadlatul Ulama sampai dengan hari ini belum menentukan kapan jatuhnya tanggal satu Ramadhan, Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya Pemerintah dan NU dalam menentukan tanggal 1 Ramadhan menggunakan metode Ru’yatul hilal yang akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 1 April 2022.

Berbeda dengan Pemerintah dan NU, Dilansir dari Kompas.com, Muhammadiyah telah menetapkan jadwal awal puasa Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Penetapan jadwal puasa itu dilakukan lewat Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah. Metode yang dilakukan oleh Muhammadiyah dalam menentukan tanggal 1 Ramadhan adalah dengan menggunakan metode Hisab.

Perbedaan pendekatan dan metode yang dilakukan oleh Pemerintah, NU dan Muhammadiyah menyebabkan hasilnya juga sangat mungkin berbeda.

Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.

Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, penampakan bulan sabit yang tampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi). Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Rukyat dilakukan setelah Matahari terbenam. Hilal hanya tampak setelah Matahari terbenam (maghrib), karena intensitas cahaya hilal sangat redup dibanding dengan cahaya Matahari, serta ukurannya sangat tipis. Apabila hilal terlihat, maka pada petang (maghrib) waktu setempat telah memasuki bulan (kalender) baru Hijriyah. Apabila hilal tidak terlihat maka awal bulan ditetapkan mulai maghrib hari berikutnya.

Perbedaan Awal Puasa Ramadhan

Dilansir dari SigiJateng.Com Ketua Umum MUI Jawa tengah Dr KH Ahmad Darodji MSi kepada  wartawan mengatakan, jika memang terjadi perbedaan, hendaknya tetap saling menghormati dan menjunjung tinggi toleransi.  Meski ada perbedaan semua umat Islam agar menyikapi dengan semangat persaudaraan.

“Kita sering mengalami perbedaan dalam menentukan awal Ramadan, Syawal maupun Idul Adha. Insya Allah meski kali ini akan berbeda kembali namun kita semua agar tetap menjunjung tinggi semangat toleransi serta meningkatkan ukhuwah Islamiyah,” tegas KH Ahmad Darodji MSi kepada pers, usai Rapat merumuskan Taushiyah, Rabu (23/3/2022).

Tips Persiapan Puasa Ramadhan

Terlepas dari perbedaan penetapan tanggal satu Ramadhan, Untuk menghadapi puasa bulan Ramadhan perlu ada persiapan-persiapan yang dilakukan oleh umat Islam.

Di antara persiapan-persiapan tersebut adalah :

Masjid / Mushola

  1. Bersih-bersih Lingkungan Masjid / Mushola, seperti Mengecat, mengepel lantai, menyapu halaman, menyikat Toilet dan tempat Wudhu
  2. Membersihkan Karpet, Sajadah dan Mukena
  3. Memperbaiki Sarana dan prasarana Masjid / Mushola seperti Werless, Sound sistem, AC / Kipas, Jam Dinding dan lainya
  4. Menyediakan atau melengkapi Referensi literasi seperti, Al-qur’an, Buku Yasin Tahlil, Al Barzanji, Buku Asmaul Husna dan lainya
  5. Membuat Jadwal Kegiatan khusus Di bulan Ramadhan
  6. Menghubungi Ustadz-Ustadzah pengisi acara/Kajian/kultum
  7. Menyediakan takjil tarawih, dn lain sebagainya

Persiapan pribadi / perorangan

  1. Membersihkan Perlengkapan yang akan digunakan ibadah pada saat bulan Ramadhan
  2. Menyediakan persediaan makanan yang cukup untuk bulan Ramadhan
  3. Berziarah kubur ke makam orang tua
  4. Membaca Doa masuk bulan Ramadhan
  5. Mempelajari tata cara dan hukum-hukum yang terkait dengan puasa di bulan Ramadhan
  6. Membuat target ibadah dan amal kebaikan lainya selama bulan Ramadhan

Demikian Tips menghadapi datangnya bulan suci dan mulia Ramadhan. semoga kita semua mendapat maghfiroh dan Rahmat dari Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here