Beranda Aminsaja News Rahasia Dibalik Shalawat Nariyah

Rahasia Dibalik Shalawat Nariyah

14
0
Rahasia Dibalik Shalawat Nariyah

Aminsaja.com Rahasia Dibalik Shalawat Nariyah. Shalawat Nariyah, adalah shalawat yang sering kita baca dan apabila mengamalkan secara rutin, maka semua urusannya dimudahkan, baik itu urusan dunia apalagi akhirat. Keutamaan shalawat nariyah sendiri sangatlah banyak, sehingga shalawat ini sangat populer dikalangan muslim di dunia. Bahkan banyak juga yang menjadikan shalawat ini sebagai amalan pribadi maupun untuk berjamaah. Banyak orang yang suka dengan shalawat ini, karena keutamaannya memang sudah banyak yang membuktikannya.

Shalawat Nariyah adalah shalawat yang dikarang oleh Syaikh Ahmad At Tazi Al Maghribi dari Maroko, yang memiliki faidah lengkap sehingga banyak kaum muslim yang senang untuk membacanya. Khususnya muslimin maupun muslimat kalangan Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Hampir disetiap istighosah kubro, shalawat nariyah ini pasti menjadi salah satu wirid andalan bagi mereka.

Shalawat Nariyah ini memiliki tuntunan dari Kiai-Kiyai terdahulu yang sangat Alim dan Ilmunya sangat luar biasa. Seperti KH. Mahrus Aly dari Pesantren Lirboyo, KH. Abdul Hamid dari Pasuruan, Gus Miek dari Ploso Kediri dan masih sangat banyak lagi Kiai-Kiai terdahulu yang telah mengamalkannya.

Sebelum membahas keutamaan shalawat nariyah. Kita akan membahas keutamaan shalawat Nabi terlebih dahulu. Keutamaan shalawat Nabi begitu banyak, baik itu berupa faidah keutamaan dan kebaikan. Penghasilan berupa imbalan dari Allah yang dihasilkan juga menyenangkan. Semua keutamaan shalawat nabi ini tidak dapat dihitung karena terlalu banyak, sehingga keutamaan shalawat Nabi hanya Allah yang tahu jumlah dan kadar yang sebenarnya. 

Allah yang memberikan semua faidah dari keutamaan shalawat Nabi dan imbalan dari membaca shalawat kepada kekasih-Nya yang mulia yaitu Nabi Muhammad SAW. Bershalawat kepada Nabi Muhammad bisa menjadi penyebab dekatnya diri kita dengan Rasulullah SAW. Dalam Sebuah riwayat dari Sahabat Ibnu Mas’ud RA bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Sesungguhnya orang yang paling utama (paling dekat) kepadaku di hari kiamat ialah orang yang paling banyak membaca shalawat kepadaku”.

Hadist lain riwayat dari Sahabat Abi Umamah radhiyallahu ‘anhu bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat. Karena bacaan shalawat umatku disampaikan kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak membaca shalawat kepadaku, maka ia adalah orang yang paling dekat kepadaku kedudukannya.”

Sahabat Umar RA berkata, “Demi Ayah ku dan Ibu ku wahai Rasulullah, aku jadikan semua doaku adalah shalawat untukmu.” Rasulullah SAW kemudian menjawab, “Jika kamu seperti itu, maka Allah akan mencukupi semua urusanmu baik urusan dunia maupun urusan akhirat.” 

Dari hadist ini dapat diambil kesimpulan bahwa shalawat Nabi memiliki khasiat yaitu, keinginannya dicukupi oleh Allah, baik keinginan di dunia maupun keinginan di akhirat. Jadi, kalau ingin keinginan atau urusannya dicukupi oleh Allah, maka salah satu caranya yaitu bisa dengan cara memperbanyak shalawat.

Salah satu cara untuk mewujudkan keinginan, harapan dan hajat kita adalah dengan memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad. Hal ini karena Rasulullah SAW pernah menjelaskan bahwasannya, membaca shalawat bisa menjadi tips agar hajat kita dikabulkan oleh Allah.

Diriwayatkan oleh sahabat Ibnu Munadah dari sahabat Jabir RA. Bahwasannya Rasulullah telah bersabda:

Artinya: “Barang siapa membaca sholawat kepadaku sehari semalam 100x) maka Allah mengabulkan 100 hajatnya. Yaitu, 70 di Akhirat dan 30 di dunia.”

Hadist ini bisa dijadikan sebuah dalil bahwasannya, shalawat bisa menjadi salah satu cara agar semua hajatnya tercapai. Mungkin ada yang dari kita memiliki 100 hajat, 200 hajat, bahkan bisa saja lebih. 

Keutamaan Shalawat Nariyah

 Disebutkan dalam Kitab Khozinatul Asror halaman 203

Yang Artinya: “Pertahankanlah untuk membaca shalawat nabi ini, yaitu membaca shalawat nariyah karena faidah shalawat ini lengkap, mencakup untuk menghilangkan kesusahan, mendapatkan apa yang ia inginginkan, mencakup tata krama dalam membaca shalawat dan mencakup jumlah dari setiap sesuatu yang diinginkan”.

Berikut ini adalah manfaat Shalawat Nariyah dan Tata Caranya 

1. Jika ingin Jabatan dan kekuasaan, Baca Sholawat Nariyah 11x, setiap Shalat Fardhu secara Istiqamah.

2. Agar Hajatnya Dikabulkan, baca shalawat Nariyah sebanyak 41x setiap Shalat Subuh secara istiqamah.

3. Agar Segala Hajat dikabulkan, baca sholawat nariyah sebanyak 100x setiap hari.

4. Untuk bisa terlunasi Hutangnya, baca shalawat nariyah sebanyak 1000x disepertiga malam selama 3 hari.

5. Untuk mendapatkan kekayaan yang berlimpah, seperti ingin punya rumah, punya mobil dan tentang urusan Dunia lainnya. Baca shalawat ini sebanyak 4444x setiap hari dengan Istiqomah.

Berikut ini adalah bacaan shalawat nariyah:

nariyah
Aminsaja.com

Artinya: “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau.”

Amalkan shalawat nariyah di atas dengan Istiqamah, niscaya Allah akan mengabulkan apa yang telah menjadi Hajat kita. Baik urusan dunia maupun urusan akhirat.

Wallahu A’lamu Bissowab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here