Beranda Aminsaja News Rakor UPZ BAZNAS Banyumas Upaya Tingkatkan Kinerja

Rakor UPZ BAZNAS Banyumas Upaya Tingkatkan Kinerja

64
0
Rakor UPZ BAZNAS Banyumas Upaya Tingkatkan Kinerja

AminsajaNews – BAZNAS Banyumas terus meningkatkan kinerjanya dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kepada muzaki dan mustahik, dinamika perkembangan BAZNAS sebagai lembaga utama menyejahterakan umat terus dituntut untuk lebih profesional dalam pengelolaan zakat, infak dan sedekah (ZIS). Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang merupakan bagian dari BAZNAS perlu mendapatkan pemahaman yang memadai tentang teknis pengelolaan ZIS, untuk itu diadakan Rakor UPZ BAZNAS Banyumas sebagai upaya untuk meningkatkan Kinerja UPZ dan BAZNAS secara keseluruhan.

Bekerja sama dengan Bank Jateng dan Bank Jateng syariah, yang merupakan bank mitra penampungan pyroll sistem, kegiatan rakor berlangsung selama 7 hari dan bertempat di aula bank Jateng, dimulai Rabu, (29/08/2023).

Peserta Rakor terlihat sangat antusias dengan ditandai jumlah kehadiran 100 % dan tepat waktu, tidak hanya itu diskusi berjalan sangat dinamis. dengan berbagai pertanyaan yang muncul. Peserta juga diajak bersama untuk mempraktekan cara menghitung zakat, membedakan antara zakat dengan Infak/sedekah dalam penyetoran dan praktek membuat Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan (RKAT).

Rakor diikuti oleh UPZ sesuai clusternya yang terdiri dari UPZ OPD, UPZ korwilcam, UPZ Puskesmas dan UPZ SMP/MTs dan masing-masing UPZ mengirimkan ketua dan bendahara UPZ, dengan materi tentang penguatan kelembagaan, Teknik penghitungan zakat, Program dan perluasan makna asnaf, teknik pembuatan Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan (RKAT) dan pelaporan.

WhatsApp Image 2023 08 30 at 13 17 10

Menurut ketua BAZNAS Banyumas Khasanatul Mufidah, Rakor dan Bimtek ini merupakan kebutuhan yang urgent mengingat BAZNAS Banyumas saat ini pencapaiannya sudah cukup tinggi sehingga dibutuhkan profesionalitas dalam pengelolaan. “Semoga dengan terus meningkatkan kinerja amil, baznas banyumas lebih banyak memberi manfaat untuk menyelesaikan persoalan sosial dan dan kemiskinan di Banyumas” demikian ujarnya.

sementara materi rakor dan bimtek disampaikan oleh jajaran Pimpinan BAZNAS Kabupaten Banyumas di antaranya wakil ketua 1 bidang pengumpulan Muh Ridwan, Wakil ketua 2 bidang Pendistribusian dan pendayagunaan zakat Abdul Munir, Wakil Ketua 3 Bidang perencanaan, keuangan dan pelaporan M Tohar, dan Wakil Ketua IV Bidang SDM Kesekretariatan dan umum Abdul Kodir.

Penulis : Kha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here