Beranda Aminsaja News Sifat Iri Hati Menghapus Amal Kebaikan

Sifat Iri Hati Menghapus Amal Kebaikan

103
0
Sifat Iri Hati Menghapus Amal Kebaikan

Aminsaja.comSifat Iri Hati Menghapus Amal Kebaikan. Setiap manusia pasti sangat sulit untuk dijauhkan dari yang namanya perasaan hasad atau iri hati/dengki. Sifat ini merupakan dosa pertama yang ada di bumi ini. Sifat ini seringkali kita rasakan, padahal Allah dan Rasul melarangnya.

Orang yang memiliki sifat Hasad disebabkan karena permusuhan dan kebencian, cinta dunia terutama terkait dengan kekuasaan dan kepemimpinan, pelit membagi kebaikan pada orang lain, lemahnya iman, sombong, tidak ingin dikalahkan yang lain, takut disaingi dan takut diejek orang lain. Hasad atau iri hati adalah salah satu penyakit hati yang sangat berbahaya. Ia akan menimbulkan rasa cemburu atas kebahagiaan dan nikmat orang lain yang diberikan Allah.

Adapun pengertian hasad, menurut Ibnu Taimiyah adalah membenci dan tidak suka terhadap keadaan baik yang ada pada orang lain. Orang yang memiliki sifat hasad akan selalu merasa gelisah, apabila melihat orang lain mendapatkan apa yang tidak ia miliki. Dia pun akan menghalalkan segala cara agar orang lain tidak mendapatkan suatu kebahagiaan.

Demikian juga, jika ia melihat orang lain susah atau menderita, itu merupakan sumber kebahagiaan baginya. Tentang sifat hasad ini, Allah sangat melarang hamba-Nya untuk mendekatinya, sebab dapat membakar pahala-pahala kebaikan yang telah diperbuat. Seperti disebutkan di dalam hadits:

إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ أَوْ قَالَ الْعُشْبَ

Artinya: “Jauhilah hasad (dengki), karena hasad dapat memakan kebaikan seperti api memakan kayu bakar.” (HR Abu Dawud dari Abu Hurairah).

Begitulah, betapa mengerikan, semua amal kebaikan yang pernah kita lakukan akan hangus terbakar hanya karena sifat hasad atau iri yang menurut sebagian orang dipandang biasa saja.

Jika melihat tetangga membeli mobil baru, melihat teman membeli tas baru hatinya mulai panas, hidupnya tidak tenang dan akhirnya menumbuhkan rasa iri/dengki, yang ujungnya membuat kita menghalalkan segala cara untuk menghilangkan nikmat orang tersebut. Itulah hasad. Sebuah sifat yang akhirnya dapat merusak persaudaraan dan memutus tali silaturahim.

Padahal setiap orang memiliki rezeki dan kebahagiannya masing-masing. Maka, alangkah baiknya apabila kita mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada kita, serta memperbanyak istighfar. Jika pun melihat tetangga, saudara atau orang lain mendapatkan kebahagiaan atau rezeki, hendaknya kita pun ikut bahagia dan bersyukur. Justru menjadikan hal itu sebagai motivasi untuk kita semangat meraih kesuksesan.

Cara Menghilangkan Hasad Dalam Hati

Cara menghilangkan iri hati di dalam jiwa diterangkan sebagai berikut:

1. Selalu mengingat kebesaran Allah

2. Perbanyak Ibadah

3. Mendoakan orang yang mendapat nikmat

4. Ridho dan pahami bahwa nikmat itu adalah pemberian dari Allah

5. Pelihara sifat rendah hati

6. Rajin bersilaturahmi

7. Perbanyak bersyukur

Jangan biarkan sekecil apapun rasa hasad tumbuh dan menggerogoti hati kita, sehingga amal perbuatan hilang lenyap dibakar rasa iri/dengki dan membuat semuanya sia-sia. 

Wallahu A’lamu Bissowab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here