Beranda Keutamaan Waktu Dan Manfaat Membaca Surat Al-Mulk

Waktu Dan Manfaat Membaca Surat Al-Mulk

646
8
Waktu Dan Manfaat Membaca Surat Al-Mulk

Aminsaja.comWaktu Dan Manfaat Membaca Surat Al-Mulk, Surat Al-Mulk merupakan surat ke-67 dalam Al-Quran yang turun di kota Mekkah sehingga termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Surat yang memiliki 30 ayat ini memiliki arti kekuasaan atau kerajaan yang menjelaskan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT atas alam semesta beserta semua yang ada di dalamnya.

Surat Al-Mulk mempunyai banyak manfaat bagi siapa saja yang membacanya. Waktu membaca surat Al-Mulk dianjurkan sebelum tidur agar membuat tidur lebih nyenyak dan mendapatkan aura positif ketika bangun tidur.

عَنْ جَابِرٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لَا يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ الم تَنْزِيلُ وَتَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ. (رواه أحمد والترمذي وغيرهما)

Artinya: “Dari Jabir, sesungguhnya Nabi SAW tidak pernah tidur (malam) sehingga ia membaca surat Alif lam mim tanzil (biasa disebut Surat as-Sajdah) dan surat Tabarokalladi bi yadihil mulk (biasa disebut surat al-Mulk)”. (HR. Ahmad, at-Tirmidzi dan yang lainnya).

Manfaat Membaca Surat Al-Mulk Sebelum Tidur

Banyak manfaat yang dapat diambil dengan membaca Al-Qur’an. Surat Al-Mulk yang merupakan awal dari juz ke-29 manfaatnya banyak sekali. Berikut beberapa keutamaan dan manfaat membaca surat Al-Mulk Sebelum Tidur:

1. Terhindar dari siksa kubur

Setiap manusia pasti ingin terhindar dari siksa dan azab Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat, berbagai upaya dilakukan agar terhindar dari keduanya, Dengan membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur secara istiqomah, maka kita akan terhindar dari siksa kubur yang sangat mengerikan. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini:

عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال: من قرأ تبارك الذي بيده الملك كل ليلة، منعه الله عز وجل بها من عذاب القبر، وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم نسميها “المانعة”، وإنها في كتاب الله عز وجل سورة، من قرأ بها في ليلة فقد أكثر وأطاب.  (رواه النسائي واللفظ له والحاكم وقال صحيح الإسناد)

Artinya: “Abdullah bin Mas’ud mengatakan:Barang siapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajall menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah SAW (masih hidup) memberi nama “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barang siapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh al-Hakim dan ia mengatakan: sanadnya shohih,).

2. Membaca Surat Al-Mulk berarti berbuat Banyak Kebaikan

Surat Al-Mulk di kalangan Sahabat sangat masyhur, karena Rasulullah SAW selalu membacanya sebelum tidur, sehingga surat Al-Mulk punya julukan “Al-Mani’ah”. Di ahir hadits di atas menjelaskan bahwa dengan membaca surat Al-Mulk maka bernilai berbuat banyak kebaikan.

3. Mendapatkan syafaat

Kiamat digambarkan dalam Al-Qur’an adalah keadaan akhir kehidupan yang sangat mengerikan, berbagai kehancuran melanda, begitu dahsyatnya kehancuran tersebut sampai manusia merintih mengharap pertolongan, naungan dan syafaat, dengan membaca surat Al Mulk maka orang yang membacanya akan mendapat syafaat.

  عن أبي هريرة، عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال: سورة من القرأن، ثلاثون اية؛ تَشْفَعُ لصاحبها حتى يُغْفَرَ له: تبارك الذي بيده الملك. (رواه أبو داود واللفظ له, والترمذي وغيرهما، وصححه ابن حبان والحاكم والذهبي، وحسنه الترمذي)

Artinya: “Dari Abu Huroiroh, Nabi SAW bersabda:Ada surat dari Al-qur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh at-Tirmidzi dan yang lainnya. Hadits ini di-shohih-kan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim, dan adz-Dzahabi, sedangkan at-Tirmidzy menghasankannya).

4. Diampuni dosa orang yang membacanya

Mendapat syafaat sebagaimana hadits di atas adalah berupa ampunan dari dosa bagi orang yang membaca surat Al-Mulk yang hanya 30 ayat, tersebut.

5. Masuk Ke dalam Surga

 عن أنس بن مالك قال، قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: سورة من القرآن، ما هي إلا ثلاثون آية، خاصمت عن صاحبها حتى أدخلته الجنة، و هي تبارك. (رواه الطبراني في المعجم الأوسط)

Artinya: “Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah SAW bersabda: “Ada surat dari Al-Qur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (HR. Thobaroni dalam Mu’jamul Ausath,).

6. Menjauhkan diri dari maksiat

Makna dan isi kandungan surat Al-Mulk adalah mengenai orang-orang yang taat kepada Allah SWT dengan menjalankan amalan meskipun tidak terlihat. Di ayat 12 berbunyi:

اِنَّ الَّذِيْنَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَيْبِ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّاَجْرٌ كَبِيْرٌ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak terlihat oleh mereka, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar”(QS. Al-Mulk:12)

Ayat ini menerangkan bahwa siapa yang akan meraih pahala yang besar, yaitu orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak terlihat oleh mereka, atau mereka takut kepada-Nya walau mereka itu sendirian tidak terlihat oleh siapa pun, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar.”

7. Al Qur’an dan Surat Al-Mulk Menggantikan Seluruh Kitab Suci Yang Pernah Di turunkan Oleh Allah Kepada Semua Utusan-Nya

Al-Qur’an adalah kitab yang terahir dan sudah disempurnakan. Surat Al Mulk adalah termasuk Al mufasal, (Dimulai dari surat Qaf) surat qaf adalah surat ke 50, sedangkan surat ke 67 dari Al-Qur’an. sehingga Al Mulk termasuk surat Al mufasal.

عَنْ وَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ
أنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُعْطِيتُ مَكَانَ التَّوْرَاةِ السَّبْعَ وَأُعْطِيتُ مَكَانَ الزَّبُورِ الْمَئِينَ وَأُعْطِيتُ مَكَانَ الْإِنْجِيلِ الْمَثَانِيَ وَفُضِّلْتُ بِالْمُفَصَّلِ

Artinya : “Nabi SAW bersabda: “Saya diberi ganti dari Taurat dengan as-saba’ (tujuh surat dalam Al qur’an yang panjang-panjang). Saya diberi ganti dari Zabur dengan Al ma`in (surat yang jumlah ayatnya sekitar seratus). Saya diberi ganti dari Injil dengan Al matsani (yaitu surat yang terulang-ulang membacanya dalam setiap rekaat shalat) dan saya diberi tambahan dengan Al mufashal (surat yang dimulai dari QAF sampai akhir surat).”

8.  Dicintai oleh Rasulullah SAW

Bagi orang yang senantiasa membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur, Rasulullah SAW berarti mewujudkan harapan RAsulullah SAW dan akan mendapat cinta dari beliau.

Rasulullah SAW bersabda, “Saya gemari supaya surat ini (Tabarakallazi biyadihil mulk) terdapat di setiap hati orang mukmin.” (HR. Al Hakim)

9. Mendapat pahala berlipat

Dari Ibnu Mas’ud ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR at-Tirmidzi)

Dengan rajin membaca Aurat Al-Mulk setiap malam, maka berlipat kebaikan akan didapatkan. Beruntunglah bagi orang yang mau membaca dan mengistiqomahkan surat Al-Mulk setiap hari.

BIASAKAN SEBELUM TIDUR ATAU HABIS ISYA BACA SURAT AL MULK YA.

Wallahu a’lam bisshawab.

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here