Beranda Aminsaja News Dekatkanlah Diri Kita Dengan Sang Pencipta

Dekatkanlah Diri Kita Dengan Sang Pencipta

16
0
Dekatkanlah Diri Kita Dengan Sang Pencipta

Aminsaja.com Dekatkanlah Diri Kita Dengan Sang Pencipta. Allah SWT telah memerintahkan manusia untuk selalu beribadah kepada-Nya. Perintah ini mengandung maksud bahwa ibadah merupakan sarana bagi umat manusia untuk bisa dekat dengan Sang Pencipta. Di zaman sekarang ini banyak orang yang merasa dirinya jauh dari Allah SWT karena orang-orang yang dekat atau selalu ingat pada-Nya, sangat menentramkan hati. Sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram”. (QS. Ar-Ra’d ayat: 28).

Ada beberapa cara untuk dengan Allah SWT antara lain:

1. Mendirikan Salat

Salat merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi setiap muslim. Namun lebih dari itu sebetulnya salat tidak hanya merupakan kewajiban tetapi juga merupakan kebutuhan bagi kaum yang beriman. Hal ini karena salat merupakan tiang agama dan merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kebahagiaan yang hakiki bagi setiap muslim adalah manakala Ia mampu mendekatkan diri kepada Sang Khalik.

2. Membaca AL-Qur’an

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT yang berikutnya adalah dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Amalan ini tidak hanya membuat kita semakin dekat dengan Sang Pencipta akan tetapi juga mendatangkan pahala, ini juga bisa membuat kita menjadi pribadi yang semakin sabar, lapang dada, jujur, dan sebagainya dan Al-Qur’an diturunkan oleh Allah untuk diamalkan dan dijadikan petunjuk jalan bagi orang-orang yang beriman serta bertawakal.

3.  Selalu Menjadi Pribadi Yang Bersyukur

Dengan banyak bersyukur, maka kita termasuk orang yang mendapatkan ridho Allah SWT serta salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan bersyukur, maka kita bisa semakin dekat dengan Allah SWT. Ada beberapa cara bersyukur yang diantaranya: Bersyukur dengan hati. Ini dilakukan dengan menyadari sepenuhnya bahwa segala nikmat dan rezeki yang didapatkan semata-mata merupakan karunia dan kemurahan Allah.

4. Ingat Kematian Dan Tidak Tergiur Dengan Dunia

Kematian sebenarnya sangat dekat, lebih dekat dari urat leher kita dan dapat secepat kilat menjemput. Oleh karena itu sebagai umat Islam atau hamba yang baik jangan sampai tergiur akan gemerlap dunia. Dunia hanyalah tempat singgah sementara dan hanya perkara yang fana. Hamba yang baik hanya mengingat satu perkara, yaitu janji Allah akan kehidupan akhirat yang kekal adanya.

5. Berzikir Dan Jalankan Ibadah Sunah

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT yang terakhir adalah selalu berzikir serta menjalankan ibadah sunah seperti salat Dhuha, Tahajud, Puasa Sunah dan lain-lain. Zikir atau wirid sering diartikan menyebut nama Allah SWT, dan biasanya dilakukan secara rutin untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

6. Sedekah Untuk Mendekatkan Diri kepada Allah Dan Mensucikan Diri

Dengan menyedekahkan harta yang dimiliki, dosa-dosa orang yang bersedekah akan dihapuskan. Hal ini tentu saja dapat dituai jika dilakukan bersamaan dengan taubat atas dosa yang pernah diperbuat dan melakukan kebaikan-kebaikan lainnya.  Lakukan kewajiban yang harus diikuti dan hindari larangan-Nya, maka kamu akan terhindar dari dosa dan mendapatkan pahala. 

Wallahu A’lamu Bissowab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here